Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Blora

Diawasi Ketat, Ruang Tes CPNS Bergantian Daerah Lain

02 Desember 2019, 16: 01: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

BERKAS MENUMPUK: Meskipun hari libur panitia seleksi CPNS dari Pemkab Kudus terus melakukan sortir berkas lamaran CPNS untuk input data ke pusat kemarin.

BERKAS MENUMPUK: Meskipun hari libur panitia seleksi CPNS dari Pemkab Kudus terus melakukan sortir berkas lamaran CPNS untuk input data ke pusat kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA, Radar Kudus – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Blora sudah ditutup beberapa waktu lalu. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora sudah melakukan persiapan. Terkait pelaksanaan tes seleksi kompetesi dasar (SKD). Rencananya akan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan BKD Blora Tarkun mengatakan, hal itu masih bisa berubah. ”Kalau tidak ada perubahan. Tanggalnya (waktu pelaksanaan, Red) belum. Masih nunggu pusat. Tapi bulannya sekitar Februari," katanya. Selain itu, tes rencananya akan dilakukan bersama empat kabupaten lain.

Dia menuturkan, untuk standarisasi ruang tes SKD sendiri, harus dilakukan dalam satu ruangan. Seperti di ballroom dan tidak boleh terpisah. Karena menggunakan satu server.

Kapasitas ruangnya 2.500 peserta. Pada pelaksanaan tes, diisi sekitar 500 peserta. Jadi, dibuat per kloter. ”Nanti gentian dengan peserta daerah lain," ujarnya. ”Nantinya juga disediakan loker untuk peserta,” imbuhnya.

Pengawasan akan dilakukan langsug dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Selain itu, juga bakal diawasi closed cirkuit television (CCTV).

”Setelah mengikuti tes, hasilnya juga bisa langsung diketahui. Apakah lulus atau tidak," tuturnya.

Sementara itu, panitia seleksi CPNS 2019 di lingkungan Pemkab Kudus masih memberi kelonggaran waktu untuk para pelamar dari luar daerah. Berkas yang dikirim melalui pos masih bisa diterima hingga Kamis (5/12) mendatang. Kabijakan ini, diambil dengan mempertimbangkan jarak lokasi pelamar yang mungkin tak bisa diantar dalam waktu yang singkat.

Kasubid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda mengatakan, perpanjangan ini bukan untuk waktu cap pos. Berkas yang diterima panitia tetap maksimal bercap pos 27 November 2019.

”Khusus dari luar kota, kami masih menerima hingga 5 Desember. Pertimbangannya, ketika ada pelamar yang daerahnya jauh tidak mungkin bisa sampai di hari yang sama sesuai cap pos berkas terakhir,” katanya.

Dari total pelamar online ada 8.361 orang, sudah ada 8.158 berkas yang masuk. Masih ada 203 berkas pelamar yang belum sampai kepada panitia. Hendro merincikan jumlah pelamar tersebut, terdiri 98 formasi khusus. Meliputi 88 cumlaude dan 10 disabilitas. Sedangkan formasi khusus ada 8.263 pelamar. Meliputi tenaga pendidik 4.359 pelamar, tenaga kesehatan 424 pelamar, dan tenaga teknis 3.380 pelamar.

Sementara Pemkab Kudus membuka 382 formasi. Terdiri dari, 355 formasi umum. Rinciannya, 297 formasi untuk tenaga pendidik, 17 formasi untuk tenaga kesehatan, dan 41 untuk tenaga teknis. Ada pula 27 formasi khusus. Meliputi 18 untuk lulusan terbaik dan sembilan disabilitas.

Hingga kemarin, tim panitia seleksi yang berjumlah 38 orang masih melakukan tahapan verifikasi berkas. Proses verifikasi ini, dilakukan dalam empat tahap. Meliputi tahap verifikasi fisik, justifikasi, verifikasi online, dan supervisi. ”Dari berkas yang masuk, sudah sekitar 50 persen berkas yang kami verifikasi,” ujar Hendro.

Proses verifikasi berkas dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 19.00 setiap harinya. Jam kerja ini terpaksa ditambah, agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Sebab, pihaknya ditarget dapat menyelesaikan sebelum waktu pengumuman seleksi administrasi tiba. Pekan lalu, tim bekerja enam hari kerja, namun kini sudah full time. Hingga sore kemarin, Jawa Pos Radar Kudus masih melihat tim sibuk memverifikasi berkas.

”Seleksi administrasi diumumkan 16 Desember 2019 melalui laman www.sscn.bkn.go.id dan juga website resmi Pemkab Kudus www.kuduskab.go.id,” tuturnya. (vah)

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia