Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Rutin Berlatih, SD Negeri Plosokerep Pati Sukses Berbagai Lomba

02 Desember 2019, 15: 21: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

BERPRESTASI: Anak-anak SD Negeri Plosokerep saat menerima piala dalam kegiatan perlombaan.

BERPRESTASI: Anak-anak SD Negeri Plosokerep saat menerima piala dalam kegiatan perlombaan. (DOKUMEN PRIBADI)

Share this      

PATI, Radar Kudus – SD Negeri Plosokerep punya cara untuk memaksimalkan potensi dan peluang peserta didiknya dalam kegiatan lomba. Sebelum terjun mengikuti perlombaan, pihak sekolah selalu memberikan pembekalan khusus.

 Hal itu digunakan untuk persiapan secara khusus. Baik dari segi persiapan teknis lomba hingga kesiapan mental anak-anak untuk menyongsong perlombaan. ”Setiap akan mengikuti lomba. Terutama ketika jenjangnya lebih tinggi. Misalnya tingkat kabupaten kami selalu melakukan persiapakan khusus semacam penggemblengan kepada anak didik kami,” terang Masriah, Kepala SD Negeri Plosokerep kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Penggemblengan itu, lanjut Masriah dimaksudkan untuk memberikan pembelakan agar anak-anak mampu memaksimalkan peluang ketika mengikuti berbagai perlombaan. ”Biasanya kami menggembleng anak-anak selama tiga kali dalam sepekan. Penggemblengan tidak bisa dilkaukan setiap hari. Sebab harus berbagi dengan waktu sekolah sore bagi anak-anak,” terangnya.

Setiap pertemuan dilakukan selama dua jam. Mulai pukul 14.00 hingga 16.00. Kesempatan penggemblengan itu digunakan untuk pemadatan materi-materi lomba. Sekaligus pembekalan mental berkompetisi. Hal itu dinilai penting untuk disampaikan kepada anak-anak.

Mental bertanding biasanya sangat memengaruhi kesiapan dalam pertandingan lomba. Bisa saja persiapan matang, sudah menguasai materi. Namun karena mental yang kurang baik akhirnya penampilan bisa down.

”Pembekalan mental bertanding dalam sebuah perlombaan sangat penting. Anak-anak biasanya kalau tidak di tempat yang biasanya mudah gugup dan grogi. Ini menjadi perhatian kami. Selain memberikan materi teknis dalam lomba. Materi tentang mental juga penting,” terangnya.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia