Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

IAIN Kudus Wisuda 1.098 Mahasiswa

02 Desember 2019, 12: 23: 32 WIB | editor : Ali Mustofa

WISUDA: Rektor IAIN Kudus memindahkan tali toga saat sidang senat terbuka wisuda XXVI Program sarjana strata satu (S1) dan wisuda VII program pascasarjana strata dua (S2) Sabtu (30/12) lalu.

WISUDA: Rektor IAIN Kudus memindahkan tali toga saat sidang senat terbuka wisuda XXVI Program sarjana strata satu (S1) dan wisuda VII program pascasarjana strata dua (S2) Sabtu (30/12) lalu. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus melaksanakan wisuda XXVI untuk Program Sarjana Strata Satu (S1) dan Wisuda VII Program Pascasarjana Strata Dua (S2). Prosesi wisuda yang dilaksanakan di GOR IAIN Kudus ini, diikuti 1.098 mahasiswa S1 dan S2. Selain dapat melakukan wisuda, tahun ini IAIN Kudus telah melakukan pencapaian yang cukup membanggakan.

Rektor IAIN Kudus DR.H Mudzakir, M.Ag mengatakan, saat ini IAIN Kudus telah memiliki sejumlah fasilitas yang representatif. Dengan lahan seluas 7,5 hektare, IAIN Kudus memiliki 45 gedung. Terdiri dari gedung rektorat, 124 ruang perkuliahan, gedung olahraga (GOR), dan gedung perpustakaan empat lantai. Juga ada laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium IPA, laboratorium micro teaching, dan pusat kegiatan mahasiswa (PKM).

”Kualitas kampus perlu terus ditingkatkan. Dengan fasilitas yang ada, kami harap bisa menunjangnya,” katanya.

Di perpustakaan empat lantai ini, IAIN Kudus memiliki setidaknya 13.790 judul dan 79.139 eksemplar buku. Koleksi buku yang ada cukup lengkap. Mulai dari koleksi umum, koleksi Islam, buku koleksi tandon, koleksi jurnal, koleksi buku berbahasa asing, dan koleksi karya ilmiah sivitas akademika IAIN Kudus, koleksi referensi, dan kitab. Seluruh hasil karya ilmiah sivitas akademika IAIN Kudus telah diunggah di aplikasi repositori IAIN Kudus.

IAIN Kudus memiliki 15 dosen peneliti yang telah terindeks Scopus. Saati ini, ada 31 jurnal ilmiah dengan 26 karya ilmiah yang telah memiliki hak cipta. Pihak kampus berharap angka tersebut bisa terus meningkat. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengembangan publikasi ilmiah dan kualitas riset di IAIN Kudus.

Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan kompetensi mahasiswa, IAIN Kudus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama dengan luar negeri, IAIN Kudus telah teken MoU dengan Al-Azhar University Mesir, International Islamic University College Selangor Malaysia, dan International Islamic University Malaysia (ILUM) Malaysia. Sementara untuk dalam negeri, bekerja sama dengan lembaga RA, MTs, MA, pengadilan tinggi, pengadilan agama, KUA, BMT, bank syariah, lembaga pemasyarakatan, pers, radio, televisi, pondok pesantren, dan lembaga lain.

Saat ini, persaingan untuk menjadi mahasiswa IAIN Kudus terbilang ketat. Rasio berkompetisinya satu berbading tujuh calon mahasiswa baru. Tahun ini, ada 23.894 pendaftar, yang diterima hanya 3.268 mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati. Dia berpesan, agar ilmu yang didapat dapat memberi keberkahan dan bermanfaat. Baik bagi diri sendiri, keluarga, agama, bangsa, dan negara.

”Kepada seluruh orang tua, kami atas nama sivitas akademika IAIN Kudus, mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk mendidik para putra putrinya. Selamat dan sukses untuk para wisudawan wisudawati. Semoga ilmu yang diperoleh memberi keberkahan dan bermanfaat,” imbuhnya.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia