Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Bupati Grobogan Terima Penghargaan Penggerak Literasi Nasional

02 Desember 2019, 10: 00: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

TERIMA PENGHARGAAN: Bupati Sri Sumarni menerima penghargaan tokoh penggerak literasi nasional tahun 2019 di Balai Pertemuan Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (30/11).

TERIMA PENGHARGAAN: Bupati Sri Sumarni menerima penghargaan tokoh penggerak literasi nasional tahun 2019 di Balai Pertemuan Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (30/11). (HUMAS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

GRBOGAN, Radar Kudus – Bupati Sri Sumarni mendapatkan penghargaan sebagai tokoh Penggerak Literasi Nasional tahun 2019 di Balai Pertemuan Pemprov DKI Jakarta pada Sabtu (301/11). Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh CEO mediaguru, Mohammad Ichsan diwakili Instruktur Nasional Media Guru, Dra. Yasmi, M.Pd.

Saat penerimaan penghargaan Bupati didampingi Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Amin Hidayat, Asisten III, Padmo, Kabag Humas Setda Teguh Harjokusumo.

Selain Kabupaten Grobogan, penghargaan juga diberikan kepada lima tokoh yang ikut berpartisipasi dalam pergerakan literasi di Indonesia.  Yaitu  Bupati Tanah Datar, Walikota Binjai, Kakanwil Kemenag Sumbar, dan Kakanwil Kemenag Kabupaten Bintan.

Penghargaan Literasi yang diterima Bupati Sri Sumarni berawal dari gerakan Literasi di Kabupaten Grobogan sejak tahun 2016 lalu.  Program menjadi Kabupaten Literasi ini menjadikan Dinas Pendidikan Grobogan melakukan inisiatif Gerakan Literasi dan aktif dalam kegiatan literasi dengan memberikan apresiasi pada penggiat dan pelaku Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

”Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,”  kata Sri Sumarni mengutip kata Pramoedya Ananta Toer.

Bupati menyampaikan, gerakan literasi di Kabupaten Grobogan juga untuk agar warga masyarakat Grobogan. Mulai siswa, guru, mahasiswa dan masyarakat umum untuk aktif membaca dan munulis. Sehingga dengan literasi bisa membaca masa lampau, berita terkini dan perkiraan masa depan. Seperti pepatah Yunani ‘Yang terucap akan hilang, terbang, yang tertulis akan abadi’. 

Mantan ketua DPRD Grobogan mencontohkan seperti KH As'ad Humam telah wafat 20 tahun lalu. Namun "Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Alquran” sampai saat ini masih dan terus digunakan jutaan anak untuk belajar membaca Alquran. Begitu juga dengan Plato, Ibnu Sina, Al-Ghazali, Sun Tzu, Ir.6 Sukarno, Hatta, Hamka, Ki Hajar Dewantara.

”Kami tidak pernah ketemu tokoh-tokoh tersebut tapi kami tahu lewat tulisannya. Mereka semua boleh jadi telah meninggal puluhan, ratusan, atau ribuan tahun yang lalu. Namun tulisannya tetap hidup, dibaca, dikenang dan memberi inspirasi bagi generasi setelahnya. Yang mereka tulis menjadi abadi.

Untuk memiliki keterampilan menulis yang baik maka kita memang harus menjadi  pembaca yang baik. Membaca adalah perintah pertama dan Utama dari Tuhan,” paparnya.

Bupati menegaskan, dengan membaca bisa meperoleh informasi apapun tetang masa lampau, kondisi terkini dan prediksi masa depan. Maka gerakan menulis dan membaca terus digalakkan.  Dimana gerakan Literasi Baca Tulis merupakan fondasi dari Gerakan Literasi.

”Utuk itu saya mencanangkan Grobogan sebagai Kabupaten Literasi. Mendorong Disdik menjadi leading sektor implementasi Gerakan Literasi. Program ini dijalankan dengan cepat oleh Dinas Pendidikan dengan menyelengarakan Workshop Literasi. Seperti program Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) dan Satu Siswa Satu Buku (SAISABU),” tandasnya.

Program Literasi juga dimaksimalkan dengan membentuk Satgas Gerakan Literasi Nasional tingkat Kabupaten. Tujuannya untuk mendorong juga tiap OPD, termasuk kecamatan dan Desa memiliki Satgas Literasi. Yakni dengan enam program literasi. Literasi baca tulis, literasi sains, literasi numerik, literasi keuangan, literasi digital, literasi budaya dan kewarganegaraan.

”Enam program saya harapkan bisa diimplementasikan,” tandasnya.

(ks/mun/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia