Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Akhir Pekan Ajari Koreografi

01 Desember 2019, 07: 58: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

Roro Fiska Mumpuni

Roro Fiska Mumpuni (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

DI tengah kesibukannya sebagai karyawan perbankan perempuan satu ini patut dicontoh. Karena setiap akhir pekan masih bisa menyempatkan berbagi ilmunya. Khususnya di bidang kebudayaan. Ilmu yang ditularkan berupa tari kreasi dan make up. Dia tidak lain Roro Fiska Mumpuni.

Roro begitu nama sapaannya mengaku terlahir dari keluarga seniman. Kebetulan kakeknya merupakan seorang dalang di Kota Solo. Tepatnya almarhum Ki Dono Carito. Sejalan darah seni yang mengalir orang tuanya dia kuliah di ISI Surakarta.

”Karena perempuan saya ambilnya jurusan tari. Saya kerja di BRI sejak tahun akhir 2015. Awalnya saya penempatan di Blora. Kini pindah di BRI Lasem,” kata perempuan kelahiran Kerinci 22 Maret 1990.

 Karena memiliki basic kesenian, beberapa kali Roro diminta menjadi juri lomba. Beberapa peserta kerap kali meminta untuk mengajari agar semakin luwes. Mulai teknik hingga praktiknya.

Melihat peluang tersebut akhirnya dirinya membikin padepokan sendiri. Namanya padepokan seni Nareswari. Itu dibuat dengan alasan beberapa guru dan temanya mendorong untuk membuka sanggar tari tersebut.

”Awal konsen saya lebih koreografi. Karena di Blora sudah banyak sanggar tari tradisional. Di sini (Rembang) tidak ada materi pakem tentang suatu tarian. Tetapi saya gunakan tempat untuk bereksplorasi dan saling menuangankan ide-ide kreatif. Supaya dapat melahirkan karya bersama,” pengakuan warga Karangjati, Blora, tersebut.

Karena harus riwa-riwi tentu Roro harus pintar membagi waktu. Makanya untuk menuangkan ide tidak dapat dilakukan setiap hari. Biasanya hanya Minggu. Ataupun saat hari libur. Sehingga tidak mengganggu pekerjaannya.

Usahanya mendapat respon positif. Beberapa murid binaannya cukup banyak. Kebanyakan anak-anak SMP. Meskipun ada beberapa permintaan kelas khusus anak-anak. Para muridnya berasal dari daerah sekitar Blora.

(ks/noe/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia