Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Rampung Dibangun, PIP Kudus bakal Dilaunching Awal Desember

01 Desember 2019, 07: 20: 56 WIB | editor : Ali Mustofa

RAMPUNG: Bangunan Pusat Informasi Publik (PIP) rampung dibangun. Rencananya awal Desember akan dilaunching.

RAMPUNG: Bangunan Pusat Informasi Publik (PIP) rampung dibangun. Rencananya awal Desember akan dilaunching. (DONNY SETYAWAN / RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Bangunan eks sekolah rakyat di kompleks pendapa Kabupaten Kudus rampung dibangun. Saat ini Pemkab sedang melengkapi sarana prasarana menunjang gedung yang itu. Setelah semuanya beres, Pusat Informasi Publik (PIP) itu akan di-launching awal Desember. Dengan begitu, Benda Cagar Budaya (BCB) itu akan dimanfaatkan sebagai pusat informasi publik dan mall pelayanan.

Plt Bupati Kudus Hartopo mengatakan, proses rehabilitasi bangunan tersebut sudah rampung seluruhnya. Pemanfaatanya tinggal menunggu kelengkapan sarana dan prasananya saja.

(DONNY SETYAWAN / RADAR KUDUS)

Bangunan seluas 500 meter persegi tersebut, bakal memiliki berbagai fungsi. Di antaraya untuk pusat informasi publik (PIP). Dia berharap pembangunan gedung itu akan berdampak memudahkan proses pengurusan berbagai jenis perizinan.

”Semoga Desember nanti siap digunakan. Adanya bangunan itu bisa memberikan kemudahan masyarakat dalam pengurusaan segala perizinan disatu lokasi,” katanya.

Terkait pemaksimalan pengembangan mall pelayanan pihak Pemkab melakukan studi banding ke Banyuwangi. Rencananya study banding itu dilakukan dalam waktu dekat ini. Menurut Hartopo pengelolaan di sana cukup baik. Sehingga bisa diterapkan dari segi manajemennya untuk kepentingan masyarakat.

Selain itu Pemkab Kudus juga melibatkan pihak swasta. Terkait penyediaan jaringan internet. Untuk itu ke depan di ruang bangunan itu akan disediakan ruang display potensi Kudus. Seperti produk UMKM hingga pariwisata yang ada di Kudus.

Diketahui, bangunan bekas sekolah rakyat dengan luas sekitar 500 meter persegi tersebut telah direhabilitasi dengan alokasi anggaran hingga Rp 500 juta. Selain pernah dijadikan kantor Disdukcapil Kudus juga kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bangunan itu juga pernah menjadi Kantor Sekretariat Badan Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh Kudus. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia