Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Seimbangkan Kuliah, Kerja, dan Organisasi

29 November 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Fainun Nikmah

Fainun Nikmah (DOK. PRIBADI)

Share this      

SEBAGIAN orang mungkin tak akan mau menyusahkan diri sendiri dengan banyak kegiatan yang melelahkan. Seperti saat sudah kuliah, maunya kuliah saja. Kalaupun ikut organisasi, pilih yang ringan dan menggembirakan.

Sikap ini bisa jadi kebalikan dari pilihan Fainun Nikmah. Gadis asal RT 3/RW 9, Desa Banjaran Salak, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Dalam satu pekan, Fainun harus membagi waktunya untuk tiga kegiatan penting. Yakni kuliah di IAIN Kudus, bekerja, dan berorganisasi.

Kini, Fainun tengah mengambil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Selama empat hari kuliah, mahasiswi semester III ini, kos di dekat kampus. Kemudian, tiga hari berikutnya pulang untuk bekerja di salah satu butik di Kecamatan Bangsri.

”Sebenarnya bisa saja kerja di sekitar kampus. Tapi, nanti tak bisa pulang. Khawatir sama orang tua sendirian di rumah,” katanya.

Selain khawatir dengan keadaan orang tua, Fainun juga tidak mau meninggalkan organisasi yang ia ikuti di kampung halaman. Yakni organisasi kepemudaan keagamaan yang telah memberinya banyak hal dan pengalaman.

Kendati tenaganya terkuras, perempuan beralis tipis ini, mengaku sangat senang menjalani rutinitas yang telah berlangsung hampir dua tahun ini. Ia rela tak mengikuti organisasi-organisasi di kampus. Lebih memilih pulang untuk menemani orang tua dan bekerja.

Salah satu kunci yang menjadi pegangannya dalam menjalani padatnya rutinitas tersebut, adalah senang. Artinya, seberat apapun tantangan yang dihadapi, ia harus menikmati semua itu sebagai fase-fase kehidupan yang mesti dilewati.

”Asalkan baik, tantangan seberat apapun akan saya jalani. Toh, semua itu sudah diatur Tuhan. Jadi, ya, kita jalani saja dengan senang. Kalaupun pahit, rasa pahit itu akan hilang dengan sendirinya,” tutur Fainun. (qih)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia