Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Diteken, Anggaran DIPA 2020 Polres Rembang Turun Rp 5 Miliar

29 November 2019, 07: 35: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

TRANSPARANSI: Kapolres Rembang, AKBP Dolly A Primanto mendampingi Rorena Polda Jateng diwakili Kabag Ren progarrena AKBP Yudi Priyono, perwakilan TNI dan Asisten I Sekda Rembang, Ahmad Mualif hadir dalam sosialisasi DIPA tahun 2020, di aula Mapolres.

TRANSPARANSI: Kapolres Rembang, AKBP Dolly A Primanto mendampingi Rorena Polda Jateng diwakili Kabag Ren progarrena AKBP Yudi Priyono, perwakilan TNI dan Asisten I Sekda Rembang, Ahmad Mualif hadir dalam sosialisasi DIPA tahun 2020, di aula Mapolres. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

 REMBANG, Radar Kudus – Transparansi anggaran dipaparkan Polres Rembang. Ini ditunjukkan dalam kegiatan sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2020 di aula Mapolres kemarin (28/11). Acara juga disambung penandatanganan tanda tangan pakta integritas.

Acara dimulai pukul 08.00. Dengan dihadiri unsur Forkompimda, kemudian Rorena Polda Jateng diwakili Kabag Ren Progarrena AKBP Yudi Priyono, serta Kemudian Waka Polres Rembang Kompol Tamlikan.

Lalu Kabag, Kasat dan Kasi Polres Rembang, Perwira Sat Fungsi Polres Rembang, Kapolsek Jajaran Polres Rembang. Bamin Operator DIPA Sat Fungsi Polres Rembang.  Kasium Polsek Jajaran Polres Rembang.

Hadir pula Ketua FKUB dan Ketua MUI Rembang. Tokoh masyarakat, LSM dan Tokoh Agama Polres Rembang, sekaligus awak media Kabupaten Rembang. Dengan materi yang dipaparkan ditunjukkan perbandingan DIPA Tahun 2019 dan 2020.

 Data DIPA tahun 2019 Polres Rembang mendapatkan Rp 77,2 Miliar. Sementara untuk tahun 2020 menjadi Rp 72,1 miliar. Atau ada selisih Rp 5 Miliar atau pengurangan 6,6 persen. Posnya untuk belanja pegawai atau gaji dan tunjangan lebih dari Rp 50 Miliar dan belanja barang  Rp 22 Miliar lebih.

Kapolres Rembang, AKBP Dolly A. Primanto menyampaikan anggaran tersebut untuk semua bidang. Namun paling penting proses penyerapan. Jadi ada yang dikurangi maupun sebaliknya ditambah.

”Nantinya ada yang ditambah dan dikurangi indeks-indeks anggarannya disesuaikan dinamika kegiatan. Karena setiap tahun berbeda, mungkin ada Pilkada namun belum tentu sama di tahun berikutnya,” katanya.

Sementara, Kabag Perencanaan Polres, Kompol Eko Budi Sulistyanto menyampaikan nominal Rp 72 miliar untuk tahun 2020, menurun sekitar Rp 5 M. Apabila ingin dibandingkan alokasi anggaran pada tahun ini.

”Penyebabnya tahun 2019 berlangsung Operasi Mantap Brata. Sehingga ada tambahan anggaran untuk pengamanan Pemilu,” keterangannya.

Anggaran disebar ke bagian dan satuan di Polres Rembang. Kemudian ke Polsek-Polsek di wilayah kecamatan setempat. Lalu Sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) semula tidak mendapat anggaran, tahun depan diberi Rp 48 juta.

Pemberian anggaran karena ada program SPKT door to door. Kalau hasilnya maksimal, tahun berikutnya dapat ditambah. Kemudian, anggaran untuk petugas Babinkamtibmas, naik dari Rp 50 ribu menjadi Rp 65 ribu per hari.

Namun khusus tambahan Rp 15 ribu, anggarannya masih diblokir. Tidak hanya itu saja, beberapa item anggaran Polres Rembang untuk tahun 2020 juga masih diblokir. Pihaknya menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari satuan atas.

Tambahan anggaran Babinkamtibmas yang Rp 15 ribu masih diblokir. Kemudian identifikasi lidik sidik tindak pidana Rp 13,5 Juta, tindak pidana umum Rp 141 Juta, tindak pidana Narkoba Rp 132 Juta, tindak pidana cyber Rp 21 Juta, Intel Rp 14 Jutaan sementara diblokir. "Mudah-mudahan lekas terbuka, nunggu informasi lebih lanjut,” pemaparannya.

 Melihat komposisi anggaran tahun 2020, di jajaran Polres Rembang Satlantas tahun depan akan mendapatkan tambahan. Semula menerima Rp 1,3 miliar, tahun depan akan mendapatkan Rp 1,5 miliar.

Kemudian, penambahan anggaran akan diberikan Satuan Reskrim. Dengan kenaikan dari Rp 1,2 miliar menjadi Rp 1,7 miliar. Lalu Sat Narkoba dari Rp 476 juta, tahun depan menjadi Rp 625 Juta. Sedangkan tingkat Polsek, Polsek Lasem tahun depan akan menerima anggaran paling tinggi dibandingkan lain mencapai Rp 315 Jutaan.

Rorena Polda Jateng diwakili Kabag Renprogar Rorena AKBP Yudi Priyono yang hadir dalam kegiatan itu mengingatkan supaya anggaran benar-benar tepat sasaran.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia