Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Emak-emak di Kudus Dilatih Kembangkan Produk hingga Pemasaran

28 November 2019, 12: 46: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

KREATIF: Peserta pelatihan menunjukan karya mereka berupa membuat sirup dari bahan daun pandan kemarin.

KREATIF: Peserta pelatihan menunjukan karya mereka berupa membuat sirup dari bahan daun pandan kemarin. (GALIH ERLAMBANG W/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Puluhan emak-emak dibekali pelatihan pengembangan usaha oleh Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus. Tujuannya, mengasah kreativitas dalam memanfaatkan jenis olahan produk minuman.

Pelatihan pembuatan produk minuman ini, dihelat selama lima hari. Senin hingga Jumat (25-29/11). Di penghujung kegiatan, 30 peserta akan diajak studi banding ke pengolahan minuman di Ungaran. Tepatnya di Gendis Manis dan Papa Singkong. Usaha itu, pemenang lomba food startup 2019 untuk minuman. Tahun lalu, juga meraih juara food startup bidang makanan.

Pelatihan kemarin terbilang spesial. Sebab, Hasna Santoso, owner Gendis Manis dan Papa Singkong membagikan ilmunya kepada para peserta. Dia mengajarkan membuat beberapa minuman. Di antaranya sirup dari olahan daun pandan. Para peserta juga dituntut harus mengenali pasar dan menjalin relasi. ”Para pengusaha diharapkan berdikari,” ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan, Debiy Anugrah mengapresiasi pelatihan ini. Perempuan yang menekuni usaha kuliner ini mengaku, pelatihan pembuatan minuman itu bermanfaat. Sebab, bisa menambah variasi menu di kedainya.

Dia juga telah mendapatkan pesanan jus buah bit saat pelatihan beberapa waktu lalu. ”Selasa lalu dibekali pelatihan membuat jus buah bit dan kunir asem. Alhamdulillah sekarang sudah mendapatkan pesanan," katanya.

Terpisah, Kabid Koperasi dan UKM Rofiq Fachri mengatakan, pelatihan pembuatan makanan dan minum ini, untuk meningkatkan kreativitas para pelaku usaha. ”Untuk pemasaran, kami juga perhatikan dengan mengundang pihak Univeristas Muria Kudus (UMK). Untuk memberikan materi manajemen dan pemasaran produk usaha. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia