Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Features
Atlet-Atlet Berprestasi Asal Jepara

Sabet Emas di Asian Games, Tetap Produktif Raih Prestasi Lain

28 November 2019, 09: 18: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Khoiful Mukhib

Khoiful Mukhib (Dok. Pribadi)

Share this      

Banyak atlet-atlet kebanggaan Jepara yang berprestasi. Mulai dari Khoiful Mukhib, Nining Purwaningsih, Viktor Eka Prasetya, dan Dini Mitasari. Tak hanya berprestasi, empat pemuda ini juga menjadi inspirasi.  

FEMY NOVIANTI, Jepara, Radar Kudus

NAMA Khoiful Mukhib di bidang olahraga balap sepeda telah lama moncer. Puncaknya saat atlet balap sepeda putra asal Jepara ini meraih emas bagi Indonesia dalam ajang bergengsi Asian Games 2018.

Mukhib menjadi atlet laki-laki pertama asal Indonesia yang memperoleh medali emas di cabang balap sepeda downhill. Saat itu, bonus miliaran rupiah diberikan padanya sebagai bentuk apresiasi. Tak terkecuali dari Pemkab Jepara yang kala itu memberikan bonus sebesar Rp 100 juta yang diserahkan secara langsung pada Mukhib usai dirinya kembali ke Jepara.

Meski telah sukses dengan prestasinya di Asian Games 2018, namun pria kelahiran 15 Desember 1990 ini tak lantas puas. Usai bertanding di Asian Games, dia terus berlatih dan berhasil meraih berbagai prestasi lainnya.

Ayah dari Golden Marcello Atreya Mukda ini meraih beberapa prestasi dalam setahun terakhir. Di antaranya posisi 1 Indonesian Downhill Series 1 Watu Cenik Wonogiri Jawa Tengah (30/6), posisi 5 Indonesian Downhill Seri 2 Seruni Poin Bromo (29/9), posisi 1 dan 2 Overall 76 Indonesian Downhill Seri 3 Ternadi Kudus (14/10) serta posisi 1 Indonesian Downhill Urban Night Race Kungkuk Batu Jatim (28/10).

Kunci dari prestasinya dikatakan Mukhib yakni konsisten berlatih. Saat berada di rumah, Mukhib banyak menghabiskan waktu untuk berlatih. Terutama saat pagi dan sore hari. Saat pagi, dia naik sepeda berkeliling. Sorenya, dia berlatih di sirkuit yang ada di sekitar tempat tinggalnya. ”Di sini ada beberapa sirkuit yang biasa digunakan latihan. Mulai sirkuit Bawu, Langon, dan Sukodono,” terangnya.

Khusus untuk hari Minggu, suami Hamida Nasihati itu berlatih di Kudus bersama atlet klub downhill Djarum lainnya. ”Aktivitas di rumah memang berlatih. Sedangkan untuk makan seperti pada umumnya. Saat masuk TC baru makanannya berbeda dan lebih ketat,” ungkapnya.

Di Kabupaten Jepara sendiri sebenarnya tidak hanya Khoiful Mukhib yang berhasil meraih prestasi di Asian Games 2018. Ada pula atlet balap sepeda perempuan Nining Purwaningsih yang juga meraih prestasi.

Sementara di cabang olahraga lainnya yakni sepak takraw, atlet asal Jepara Viktor Eka Prasetya dan Dini Mitasari juga menyumbang medali. Viktor mempersembahkan 2 medali bagi Indonesia yakni medali perunggu untuk nomor tim dan medali perak untuk nomor regu. Sementara Dini Mutasari dan tim meraih medali perunggu lewat nomor kuadran putri. (*)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia