Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Pelamar CPNS Dibuat Bingung Gara-gara Fitur Jumlah Pendaftar Dihapus

19 November 2019, 15: 11: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

FITUR DIHAPUS: Sejumlah pelamar mengeluh kesulitan memetakan peluang karena fitur jumlah pendaftar CPNS dihapus.

FITUR DIHAPUS: Sejumlah pelamar mengeluh kesulitan memetakan peluang karena fitur jumlah pendaftar CPNS dihapus. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Tahun ini, pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuat bingung karena fitur jumlah pendaftar dalam portal www.sscn.bkn.go.id hilang. Selain bingung, sejumlah pelamar mengaku kesulitan memetakan peluang. Sebab, mereka tak bisa melihat lokasi formasi yang potensial dan sedikit pesaing.

Keluhan ini diungkapkan salah satu pelamar CPNS 2019 Novan Maulana, warga Desa Mejobo. Tahun lalu, dia mengaku sudah mencoba peruntungan untuk ikut seleksi CPNS. Namun gagal karena belum bisa mencapai passing grade. Kali ini dia kembali menjajal peruntungannya.

Dalam proses pendaftaran online tahun ini, dia menyayangkan karena fitur jumlah pendaftar dihapus. Menurutnya fitur ini cukup membantunya untuk menentukan lokasi formasi yang akan dilamar. ”Kalau kemarin saya bisa lihat lokasi yang sepi pelamar dan yang banyak pelamar. Kalau banyak pelamar otomatis saingannya juga besar. Jadi fitur itu sangat membantu sebenarnya,” jelasnya.

Sementara itu Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam rilisnya mengungkapkan memang sengaja menghapus fitur tersebut. Hal tersebut dilakukan karena ditemukan indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar. Tahun kemarin jumlah pelamar yang termuat dalam menu sistem pencarian formasi (SPF) pada portal www.sscn.bkn.go.id ditemukan banyak pelamar fiktif.

Sejumlah oknum tersebut memanfaatkan fitur itu untuk membuat formasi yang dimaksudkan terlihat banyak pendaftar. Sehingga bisa mengecoh calon pelamar. Meskipun demikan, peniadaan fitur tersebut tidak mengurangi aspek transparansi pada seleksi CPNS 2019. Secara nasional, informasi tentang banyaknya pembuat akun, sudah submit, top 5 instansi, top 10 formasi selalu di-update lewat kanal media sosial. Dan dapat dipantau setiap harinya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Catur Widyatno melalui Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai Tulus Triyatmika mengatakan, pihaknya tetap bisa memantau jumlah pelamar. Pihaknya juga tak keberatan jika calon pelamar ingin mengetahui jumlah pelamar CPNS Pemkab Kudus.

”Secara internal kami bisa memantaunya. Bagi yang ingin mengetahui, bisa datang ke kantor. Untuk saat ini jumlah pelamar 988 pelamar. Dengan rincian 965 formasi umum, 16 cumlaude, dan 4 disabilitas,” katanya.

(ks/daf/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia