Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

72 Pembatik di Jepara Kantongi Sertifikat Kompetensi

16 November 2019, 15: 18: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

72 Pembatik di Jepara Kantongi Sertifikat Kompetensi

JEPARA, Radar Kudus - Sebanyak 72 pembatik di Kabupaten Jepara saat ini sudah mengantongi sertifikat kompetensi. Hal tersebut menunjukkan jika para pembatik di Kota Ukir benar-benar berkompeten dalam bidang yang ditekuninya.

Ketua Paguyuban Batik Jepara Biyung Pralodo Suyanti mengatakan, saat ini total ada 72 pembatik yang telah dinyatakan kompeten. Proses untuk memperoleh sertifikat

SKKNI sendiri dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, ada 30 pembatik yang memperoleh sertifikat SKKNI. Sementara pada tahap dua yang diselenggarakan baru-baru ini, ada 42 pembatik yang memperoleh sertifikat tersebut.

Dengan adanya sertifikat pembatik yang didapat dari hasil uji kompetensi profesi batik sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sangat penting. "Mereka mendapatkan pengakuan akan keahliannya," katanya.

Setelah mengikuti uji kompetensi tersebut, para pembatik di Jepara didorong untuk meningkatkan kualitas baik SDM maupun karyanya. "Kualitas batik diharapkan bisa meningkat," tuturnya.

Salah satu pembatik Jepara yang sudah mendapatkan sertifikat kompetensi, Windy mengatakan, dia mengikuti uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat SKKNI pada tahap 1 yang diselenggarakan pada pertengahan tahun lalu. "Uji kompetensi saya sekitar akhir Juli," ungkapnya.

Dalam uji kompetensi tersebut, Windy menyampaikan, mulai dari pembekalan materi uji, ujian praktek hingga ujian tertulis.

Dengan adanya sertifikasi kompetensi itu, Windy menambahkan, ada perubahan yang dirasakannya. "Tetap kita sebagai pembatik meningkatkan kualitas pada karya-karya kita," imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia