Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Kodim 0718/Pati Giatkan Binter dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

14 November 2019, 09: 52: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

PEMBINAAN: Kegiatan Binter Terpadu yang digelar Kodim 0718/Pati kemarin secara serentak.

PEMBINAAN: Kegiatan Binter Terpadu yang digelar Kodim 0718/Pati kemarin secara serentak. (KODIM 0718/PATI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus – Kodim 0718/Pati bersama seluruh koramil, melakukan pembinaan teritorial (Binter) terpadu secara serentak, kemarin. Pembinaan teritorial ini meliputi Wanwil, Komsos, dan Bakti TNI.

Kegiatan wanwil meliputi pembinaan lima krida Saka Wira Kartika dan melaksanakan pembinaan terhadap komunitas yang berada di wilayah Kabupaten Pati. Selain itu dilakukan komunikasi sosial (komsos), dengan FKPPI dan HIPAKAD. Komsos diisi dengan kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan.

Komsos mencegah radikalisme/separatisme kepada santri Ponpes Raudlatul Ulum Trangkil, serta komsos dengan APEM (Komunikasi Sosial) dengan aparat pemerintahan secara tersebar di seluruh wilayah Kodim 0718/Pati.

Kegiatan Binter Terpadu ini digelar per eks Kawedanan, seperti eks Kawedanan Kayen yang terdiri dari Koramil 04/Kayen, Koramil 19/Gabus, Koramil 20/Tambakromo, Koramil 09/Sukolilo yang dilaksanakan di aula Kecamatan Kayen dengan pemateri Kapten Cba M. Zuhri Antoro yang juga seorang Danramil 04/Kayen.

Eks Kawedanan Jakenan terdiri dari Koramil 05/Jakenan, Koramil 16/Jaken, Koramil 17/Pucakwangi, Koramil 18/Winong yang dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Jakenan dengan pemateri Kapten Inf Mujima Danramil 05/Jakenan.

Eks Kawedanan Pati terdiri dari Koramil 01/Pati, Koramil 11/Gembong, Koramil 12/Margorejo, Koramil 13/Tlogowungu, dilaksanakan di aula Koramil 01/Pati dengan pemateri Kapten Inf Yahudi, Danramil 01/Pati.

Eks Kawedanan Juwana terdiri dari Koramil 02/Juwana, Koramil 07/Wedarijaksa, Koramil 15/Batangan, Koramil 21/Trangkil dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Juwana dengan pemateri Kapten Inf Sriyanto Danramil 02/Juwana.

Eks Kawedanan Tayu terdiri dari Koramil 03/Tayu, Koramil 06/Margoyoso, Koramil 08/Cluwak, Koramil 10/Dukuhseti, Koramil 14/Gunungwungkal dengan pemateri Kapten Inf Sudirman Danramil 14/Gunungwungkal.

Acara komsos dengan aparat pemerintahan yang dilaksanakan di masing-masing eks kawedanan se Kabupaten Pati ini bertujuan untuk memperarat tali silahturahmi, komunikasi serta memantapkan jalur koordinasi antara aparat teritorial di koramil jajaran Kodim 0718/Pati dengan seluruh aparat pemerintahan di jajaran kecamatan sampai aparat pemerintahan di desa.

Kepala Seksi Teritorial Korem 073/Makutarama Letkol Inf Arif Ismawan yang meninjau pelaksanaan kegiatan Binter Terpadu mengungkapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tamu undangan yang berkenan hadir dalam kegiatan komsos dengan aparat pemerintahan yang diselenggarakan oleh seluruh jajaran koramil di Kodim 0718/Pati.

Arif menegaskan, bahwa persatuan serta kesatuan bangsa serta negara diawali dengan komunikasi serta hubungan silahturahmi yang baik karena dibangun dengan niat yang baik pula untuk menciptakan hidup rukun, damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Negara Indonesia adalah negara yang besar yang terdiri dari ribuan pulau, ribuan suku bangsa dan bahasa serta kekayaan budaya dan kekayaan alam yang kita miliki sangatlah luar biasa sehingga sangat menggiurkan dari pihak luar untuk menikmati kekayaan yang kita miliki,” paparnya.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia