Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Hari Kedua Pendaftaran CPNS, Situs BKN Masih Ngeblank

13 November 2019, 16: 00: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

STAND BY: Petugas helpdesk BKD Rembang siap memfasilitasi calon pendaftar CPNS yang butuh bantuan.

STAND BY: Petugas helpdesk BKD Rembang siap memfasilitasi calon pendaftar CPNS yang butuh bantuan. (Dok. RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus – Calon pendaftar CPNS harus ekstra sabar. Sebab, hingga hari kedua kemarin, website belum juga kunjung bisa mengakses portal BKN. Meskipun halaman awal login akun SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Nasional) dapat dibuka.

Kondisi ini terjadi di semua daerah. Pasca diumumkan hari Senin lalu (11/11), semua daerah di Jawa Tengah (Jateng) belum ada satupun yang bisa mengakses. Situs yang dimaksudkan blank.

Padahal alurnya sudah jelas. Pelamar membuka portal SSCASN di laman https://sscasn.bkd.go.id. Namun, saat koran ini mencoba mengakses hingga pukul 16.20 kemarin, situs masih blank. Ketika dikonfirmasi di BKD Rembang, gangguan itu terjadi di situs nasional.

Kondisi ini sama yang terjadi pada Senin malam. Meski informasi awal, pengumuman pendaftar dapat mengakses mulai pukul 24.00.

Kepala BKD Rembang Suparmin saat dikonfirmasi membenarkan hal ini. Namun pendaftar masih memiliki kesempatan. Sesuai jadwal, pendaftaran CPNS online dapat dilakukan sampai 25 November.

”Tim Helpdesk dari BKD Rembang pasca pengumuman 11 November lalu, sudah bekerja. Saat ini (Senin hingga kemarin, Red) memang ada gangguan di situs nasional. Jadi website belum bisa diakses,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Menurutnya, Tim Helpdesk memiliki tugas jika ada permasalahan. Saat menerima laporan langsung ditindaklanjuti. ”Jadi, jika ada masalah bisa chat atau datang langsung di bagian Helpdesk BKD Rembang,” tuturnya.

Disinggung tentang penyelenggaraan seleksi CPNS tahun ini dan tahun lalu, ada perubahan batas usia bagi dokter spesialis. Tahun lalu batas maksimal 35 tahun. Tahun ini maksimal 40 tahun. Di Rembang dibuka 19 formasi dokter spesialis.

Selain itu, ada perubahan masa sanggah. Waktunya 17-19 Desember. Masa sanggah dibutuhkan para peserta, jika kemungkinan keputusan panitia ada yang dianggap tak tepat dan sebagainya. Sanggahan bisa lewat Tim Helpdesk.

Untuk nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) calon PNS 2019 sudah diterbitkan. Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi No. 24 Tahun 2019, untuk nilai ambang batas tes karakteristik pribadi (TKP) 126, tes intelegensia umum (TIU) 80, dan tes wawasan kebangsaan (TKW) 65. Tapi ketentuan itu dikecualikan bagi CPNS formasi khusus, seperti lulusan predikat cumlaude, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, serta diaspora atau warga Indonesia yang berada di luar negeri.

Dia menambahkan, pelaksanaan tes SKD akan dilaksanakan di luar daerah. ”Pemkab Rembang memutuskan menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),” imbuhnya.

(ks/noe/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia