Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Grobogan

13 November 2019, 13: 01: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Grobogan

GROBOGAN, Radar Kudus – Memasuki musim peralihan dari kemarau ke hujan, angin puting beliung kerap kali terjadi. Kali ini angin puting beliung merobohkan satu rumah di Dusun Gadon, Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian diperkiraan mencapai Rp 35 juta.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin (12/11) sekitar pukul 17.00. Puting beliung memporak-porandakan rumah kayu limasan dengan 10 meter x 8 meter milik Suparmin, 43, di desa tersebut.

Kondisi rumah tersebut benar-benar rata yang menyebabkan kerugian diperkirakan mencapai Rp 35 juta. Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

”Sekitar pukul 17.00 tiba-tiba ada angin puting beliung yang kencang. Kami dan warga lain pun panik dan berlarian menyelamatkan diri,” ungkap korban Suparmin.

Di saat menyelamatkan diri keluar rumah, rumah milik Suparmin malah roboh total dan tidak bisa terselamatkan barang-barangnya. Kerusakan hampir terjadi di seluruh bagian rumah.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, pemberian bantuan dari Pemprov Jateng biasanya mengikuti regulasi, pengajuan bantuan bisa dilakukan jika mengakibatkan kerusakan lebih dari lima rumah.

Hingga kini belum bisa dipastikan korban yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Namun BPBD Grobogan sudah menyalurkan bantuan logistik ke korban angin puting beliung. ”Kami juga sudah melakukan aksi sosial membersihkan puing-puing rumah roboh bersama sukarelawan dan instansi lainnya serta masyarakat setempat,” jelasnya.

(ks/mal/int/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia