Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Terinspirasi Nyanyi Deen As-Salam, Boyong Juara I Lomba Ghina

13 November 2019, 09: 49: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

Lia Fatra Sofiani

Lia Fatra Sofiani (DOK PRIBADI)

Share this      

LIA Fatra Sofiani, memboyong juara I lomba Ghina tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Lomba dalam festival bahasa ini, digelar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus baru-baru ini.

Lia menjelaskan, Ghina itu nyanyi lagu bahasa Arab. Semacam Nisa Sabyan -penyanyi yang populer dengan tembang Deen As Salam. Awalnya dara kelahiran Rembang, 1 Juni 2002 ini, tidak tertarik mengikuti lomba Ghina itu.

Pertama ditawari guru seni budaya. Mengikuti lomba sing a song. Nyanyi lagu bahasa Inggris. Setelah itu, ia mengikuti lomba dengan beberapa siswa lain. Dia terpilih menjadi perwakilan SMAN 1 Lasem.

Setelah seleksi itu selesai, Lia kemudian ditemui gurunya di kelas. Untuk memberikan penawaran baru. Yakni mengikuti lomba Ghina. ”Gimana kalau kamu mengikuti lomba Ghina,” katanya menirukan perkataan gurunya waktu itu.

Menurut gurunya, Lea memiliki potensi. Karena, kebetulan dara kelahiran 1 Juni 2002 itu, sering menyanyi lagu Arab. Pernah juga mengikuti lomba-lomba menyanyi di sekolah. Meskipun para pesaingnya bernyanyi lagu-lagu pop. Yang tak berlirik bahasa arab. Sepertinya Lea tetap percaya diri (PD) membawakan tembang-tembang dari Nisa Sabyan. Yang notabene banyak menggunakan lirik berbahasa arab.

”Yang lain nyanyi pop. Saya terinspirasi nyanyi lagu Deen As Salam dari Nisa Sabyan. Jadinya itu suka saja lagu-lagu Arab,” ungkapnya.

Jadi, Lea sudah terbiasa. Waktu lomba di sekolah juga mendapat juara I. Itulah yang membuat gurunya menilai berpotensi. Latihannya kadang waktu pulang sekolah, di rumah sendiri pakai midi, lalu nyanyi di ruang musik sekolah.

Hobinya ini mendapat support orang tuanya. Apalagi kalau sering ikut lomba. Dia juga pernah juara tingkat Jateng-DIJ. (vah)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia