Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Blora

Peringati HKN, Pemkab Blora Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

12 November 2019, 10: 49: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

PEDULI KESEHATAN: Dokter memeriksa kandungan warga Dukuh Padas, Todanan, Blora, saat bakti sosial pelayanan kesehatan memperingati Hari Ibu dan HKN kemarin.

PEDULI KESEHATAN: Dokter memeriksa kandungan warga Dukuh Padas, Todanan, Blora, saat bakti sosial pelayanan kesehatan memperingati Hari Ibu dan HKN kemarin. (PEMKAB FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA, Radar Kudus – Ratusan warga di Kecamatan Todanan antusias mengikuti bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis kemarin. Mereka ikut antre memeriksakan kesehatan. Tak hanya periksa gratis, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelayanan keluarga berencana (KB) gratis. Juga pemeriksaan kehamilan dan IVA test untuk deteksi dini kanker mulut rahim. Semuanya gratis. Termasuk ada pembagian sembako.

Sumartini, salah satu warga Dukuh Padas, Todanan, mengaku senang dengan adanya bakti sosial pelayanan kesehatan gratis ini. ”Alhamdulillah senang bisa periksa gratis. Petugasnya juga ramah. Tadi ikut periksa dan hasilnya baik-baik saja. Semoga pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini bisa terus dilakukan secara berkala. Utamanya, di desa-desa agar masyarakat semakin mudah menjaga kesehatan,” katanya sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho yang diwakili Wakil Ketua I Ratnasari Irawadi menjelaskan, bakti sosial pelayanan kesehatan dan penyaluran sembako di Puskesmas Todanan diselenggarakan dalam rangka Hari Ibu ke-91. Juga Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 tingkat Kabupaten Blora.

”Kami yang tergabung dalam panitia peringatan Hari Ibu ke-91 dan HKN, menggelar bakti sosial ini di Todanan. Salah satunya, karena wilayahnya di pinggiran. Jauh dari kota. Sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan,” ucap Ratnasari.

Selain dari PKK, ada juga perwakilan DWP Kabupaten Blora, Bhayangkari, Persit, dan lainnya. Sedangkan OPD yang terlibat, ada Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A).

Pihaknya juga mengajak masyarakat, khususnya perempuan dan ibu hamil selalu menjaga kesehatan. ”Kami minta ibu-ibu yang hamil rajin periksa, agar kesehatan janin dan ibu bisa terus dipantau. Ini juga salah satu bentuk pencegahan stunting. IVA test juga sangat penting untuk ibu-ibu. Lakukan berkala untuk deteksi dini kanker serviks. Kanker serviks masih menjadi salah satu penyakit membahayakan, sehingga harus dicegah,” ajaknya.

Camat Todanan Edi Widayat mengucapkan terima kasih kepada Panitia Hari Ibu ke-91 dan HKN 2019 Kabupaten Blora. Sebab, telah menggelar bakti sosial untuk warganya. ”Semoga ini membawa manfaat untuk masyarakat kami,” ujarnya.

Selama bakti sosial, menurut data yang masuk, pemeriksaan IVA test diikuti 50 peserta. Sebelumnya, sudah ada 221 peserta. Jadi total 271 peserta. Sedangkan pembagian sembako ada 50 paket diserahkan kepada masyarakat kurang mampu. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia