Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Features
Siswa MAN 1 Grobogan Lolos Final Round TIMO

Persiapan dengan Tambah Buku Referensi hingga Undang Alumni yang Juara

08 November 2019, 14: 32: 57 WIB | editor : Ali Mustofa

MEMBANGGAKAN: Enam pelajar MAN 1 Grobogan yang lolos final round TIMO di Thailand didampingi gurunya kemarin.

MEMBANGGAKAN: Enam pelajar MAN 1 Grobogan yang lolos final round TIMO di Thailand didampingi gurunya kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

Prestasi membanggakan diraih enam siswa MAN 1 Grobogan. Mereka memboyong dua medali emas, tiga perak, dan satu perunggu yang memastikan mereka tampil di ajang final round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) pada 3-6 April 2020 di Chiag Mai Thailand.

INTAN MAYLANI SABRINA, Grobogan, Radar Kudus

AJANG itu cukup bergengsi. Diikuti 15 negara termasuk Indonesia. Mereka akan bersaing dengan siswa berprestasi dari berbagai negara. MAN 1 Grobogan juga baru kali pertama meloloskan siswanya ke tingkat internasional. Tahun lalu, mereka sempat mengikuti seleksi untuk kejuaraan di Hongkong. Namun belum berhasil.

Berbagai ajang juga sempat diikuti MAN 1 Grobogan. Selain Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO), tahun ini siswanya sempat mencapai prestasi di tingkat provinsi. Yakni meraih runner up lomba matematika. Sedangkan yang melaju ke tingkat nasional, hanya yang menjadi juara I. ”Sayang banget,” keluh Alifah Robiyatun, guru pembimbing.

Meski belum berhasil, tak memutus semangat siswa MAN 1 Grobogan. Pada 5 Oktober lalu, 10 siswa mengikuti seleksi head round TIMO secara online. Mereka mengerjakan soal sekitar dua jam dengan menjawab 25 pertanyaan.

Babak heat round dilaksanakan serentak pada Sabtu (5/10) lalu. Mereka berada pada heat round Demak dan sekitarnya yang dilaksanakan di MAN Demak. Diikuti oleh ratusan peserta mulai SD, SMP, hingga SMA sederajat. Pengumuman hasilnya seluruh Indonesia diunggah pada 31 Oktober 2019 di laman www.thaiimo.com.

Dari pengumuman tersebut, disampaikan bahwa yang berhak mengikuti babak final round TIMO 2020 adalah peserta yang  meraih medali emas, perak, dan perunggu. Berdasarkan pengumuman hasil seleksi, enam siswa lolos ke final. Mereka akan mengikuti seleksi di Chiag Mai Thailand pada 3-6 April 2020.

”Saat tes online memakai dua bahasa. Bahasa Indonesia dan Inggris. Saat final nanti hanya satu bahasa, bahasa Inggris. Kami gembleng anak-anak yang lolos untuk benar-benar mempersiapkan diri. Siapa yang paling siap yang akan berangkat,” terangnya.

Enam siswa yang lolos tersebut, Rizki Hermawan (XI MIPA 1) dan Pusparani Putri Kinasih (XI MIPA 2) lolos setelah pada babak heat round meraih medali emas. Selain itu, Umi Windasari (XI MIPA 2), Widya Tri Susanti (XI MIPA 2), dan Fedhilla Foeldhathama (X MIPA 2) mendapat medali perak, dan Anjani Pramesti (X MIPA 6) meraih medali perunggu.

Setelah lolos, mereka harus mengambil medali pada 14 Desember nanti di Jakarta yang akan dihadiri Mr. Andy Lam selaku Presiden TIMO. Sambil menunggu pemberangkatan pada April tahun depan, berbagai persiapan mulai dilakukan.

”Sebelumnya memang ada ekstrakurikuler yang diadakan setiap pekan. Ada pengelompokan juga untuk siswa yang mengikuti kompetisi. Jadi, mereka benar-benar disiapkan untuk mengikuti kompetisi,” tambah Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto.

Dalam persiapan ke tingkat internasional itu, nantinya pelatih akan lebih banyak dan kembali akan mengundang mahasiswa maupun alumni yang sebelumnya pernah menjuarai olimpiade. Hal ini, untuk memotivasi siswa dan bisa saling sharing kendala-kendala.

Tak hanya itu, buku-buku referensi juga akan ditambah. Mereka juga dimudahkan bertanya jawab melalui grup khusus, sehingga konsultasi tak mengharuskan bertatap muka. ”Jika mendekati pemberangkatan, mereka juga akan dikarantina, biar fokus,” imbuhnya.

Para guru kelas juga diberi pengertian untuk memberikan keringanan kepada enam siswa ini. Sebab, selama ini beberapa guru ada yang kurang memahami, sehingga tak memberi keringanan untuk mereka. (*)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia