Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Dipatok 381 Formasi, Rincian Kuota CPNS Jepara Diumumkan Pekan Depan

08 November 2019, 13: 37: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

Dipatok 381 Formasi, Rincian Kuota CPNS Jepara Diumumkan Pekan Depan

KOTA, Radar KudusJumlah formasi perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Jepara 2019 dipatok 381 formasi. Namun rinciannya belum diketahui. Rencananya pengumuman disampaikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara pada Senin (11/10) mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara Diyar Susanto melalui Kabid Perencanaan dan Pengembangan SDM Sridana Paminto mengungkapkan pihaknya masih menyiapkan aturan teknis sesuai petunjuk pusat. Petunjuk itu disesuaikan dengan pelaksanaan di daerah. “Pekan depan pengumuman kami sampaikan,” katanya.

Porsi tenaga pendidikan masih menjadi prioritas pada perekrutan CPNS Jepara 2019. Dari 381 formasi, 63 persen di antaranya untuk tenaga kependidikan. Namun kepastian mengenai detail posisi formasi tersebut.

Sementara itu, formasi lainnya dialokasikan untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Alokasi tenaga kesehatan sebanyak 21 persen dan sisanya sebanyak 16 persen adalah tenaga teknis lainnya. Komposisi tersebut berdasarkan proporsi dari jumlah pegawai yang pensiun setiap bulan. Dominasi berasal dari sektor pendidik.

“Bagi masyarakat bisa mulai menyiapkan berkas sesuai dengan kompetensi masing-masing. Ketika pengumuman turun bisa disesuaikan kelengkapan berkasnya,” katanya.

Ia juga berharap masyarakat waspada dengan oknum yang tidak bertanggung jawab menjelang seleksi CPNS. Jika ada yang menjanjikan lolos namun harus menyetorkan sejumlah uang maka dipastikan penipuan. “Masyarakat harus hati-hati. Seleksi CPNS saat ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang tidak bisa dimanipulasi,” imbuhnya.

Sementara itu, kekurangan pegawai di Jepara mencapai 4.677 orang. Dari 12.753 kebutuhan, hanya terpenuhi 8.076 pegawai yang berstatus aparatur sipil negara. Jika ada 381 formasi, hanya 9,5 persen dari kebutuhan pegawai.

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia