Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Kudus Patenkan Dua Tari dan Batik Purba agar Tidak Diklaim Daerah Lain

04 November 2019, 15: 37: 57 WIB | editor : Ali Mustofa

LAUNCHING TARI BATIK: Sejumlah pelajar menari medley penggambaran potensi wisata di Kudus dari membatik, gusjigang hingga potensi wisata purbakala di halaman parkir Balai Jagong kemarin pagi. Dalam acara ini juga dipatenkan dua tari dan batik Purba.

LAUNCHING TARI BATIK: Sejumlah pelajar menari medley penggambaran potensi wisata di Kudus dari membatik, gusjigang hingga potensi wisata purbakala di halaman parkir Balai Jagong kemarin pagi. Dalam acara ini juga dipatenkan dua tari dan batik Purba. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Dua tarian (Tari Kudus Asri dan Tari Batik) dan batik Purba dipatenkan sekaligus dilaunching di Balai Jagong kemarin. Harapannya kedua tari ini tidak diklaim daerah lain. Tarian ini dibawakan Sanggar Seni Ciptoning Asri selaku binaan Dinas Pariwasata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kudus. Dalam kegiatan itu juga diresmikan batik tulis bermotif situs Patiayam.

Pemilik sanggar Seni Ciptoning Asri Rini SH sekaligus mencetus tari Kudus Asri mengatakan, gerakan dalam tarian ini diambil dari berbagai unsur. Pertama tarian ini dibuka dengan gerakan purba. Ini berlandaskan di Kota Kretek banyak ditemukan fosil mahkluk purba. Letaknya berada di sekitar Patiayam.

Kedua yakni gerakan mahkluk mitos yang dilatarbelakangi barongan dan bulus.

Gerakan lainnya berupa orang mbatil, gerakan jenang, batik, siwur, dan natah.

”Untuk yang terakhir kami memasukkan gerakan religi. Mengingat di Kudus kental akan kegiatan religinya. Gerakan berupa gerak rebana,” ungkapnya.

Rini menjelaskan, pengiring musik tarian Kudus Asri menggunakan lagu Kudus Asri. Penciptanya Mbah Yono (alm). Tak ingin tergerus oleh zaman. Rini bersama kawannya mengangkat lagi musik kreasi itu.

Selain meresmikan Tarian Kudus Asri, kegiatan itu juga melaunching Tari Batik Kudus. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia