Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Sportainment

Ratusan Perenang Ikuti Lomba Renang dari Pulau Panjang ke Bandengan

04 November 2019, 14: 23: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

SPORT TOURISM: Ratusan atlet renang menempuh jarak 4,2 kilometer dari Pulau Panjang sampai Pantai Bandengan kemarin.

SPORT TOURISM: Ratusan atlet renang menempuh jarak 4,2 kilometer dari Pulau Panjang sampai Pantai Bandengan kemarin. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Jepara Sebanyak 104 perenang dari berbagai daerah mengikuti lomba renang dari Pulau Panjang sampai Pantai Bandengan kemarin. Joe Aditya, perenang asal Jakarta jadi finisher pertama. Catatan waktunya 49 menit. Sedangkan finisher paling lama menempuh waktu dua jam 15 menit.

Even sport tourism ini merupakan yang pertama kali digelar di Jepara. Menempuh jarak 4,2 kilometer. Ratusan perenang memulai lomba dari Pulau Panjang menuju Pantai Bandengan. Dari jumlah peserta itu, semua peserta berhasil menyelesaikan lomba. Hanya enam peserta harus dievakuasi setelah finish lantaran kelelahan.

Atlet renang asal Jakarta, Joe Adiyta Wijaya menjadi finisher pertama dengan catatan waktu 49 menit. Peserta itu dari karegori umum di bawah 40 tahun. Sedangkan waktu terlama ditempuh dengan sekitar 2 jam 15 menit.

”Saat renang tadi sempat terkendala ombak. Hampir salah jalur juga. Tapi akhirnya bisa finish. Malah catatan waktunya jadi yang tercepat dari semua kategori,” kata Joe.

Ada enam kategori yang dilombakan dalam kegiatan kali ini. Yakni kategori pelajar putra/putri, kategori umum di bawah 40 tahun, kategori umum di atas 40 tahun, kategori umum open putri, dan kategori TNI/Polri.

Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Inf Muhammad Nurul Chabibi melalui Wakil ketua panitia Andang Wahyu Triyanto berharap, di event ke depan semakin banyak partisipasi atlet yang ikut. Bahkan menurutnya, event ini diikuti oleh peserta luar negeri dan atlet nasional. Baginya, event pertama kali ini bisa semakin banyak mengenalkan Jepara kepada para atlet renang.

”Suksesnya acara tersebut diharapkan bisa mendorong sektor pariwisata. Tidak hanya sekadar lomba, namun memberi dampak dan kontribusi bagi pariwisata Jepara,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni Lestiaza mengatakan, sebagian peserta lomba ini berasal dari luar daerah. Dirinya berharap peserta bisa memberikan masukan kepada panitia atas kekurangan dari penyelenggaraan tahun ini.

”Karena ini baru pertama kali, mungkin masih ada kekurangan. Untuk itu kami mohon ada masukan agar di penyelenggaraan selanjutnya bisa jauh lebih baik. Karena agenda ini akan jadi agenda rutin tiap tahun,” kata Zamroni.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan, usai renang, para peserta mengikuti city tour. Tujuannya ke sejumlah objek wisata dan sentra-sentra industri di Jepara. ”Harapannya setelah kegiatan in bisa kembali lagi ke Jepara untuk berwisata, terlebih ke Karimunjawa,” tandasnya.

Sementara itu hasil lomba kategori pelajar putri dimenangkan oleh Nuraini Kirana Maharani dengan waktu 56 menit 24 detik. Kategori pelajar Putra oleh Alvino Dika Wijaya dengan waktu 52 menit. Kategori umum di bawah 40 tahun dimenangkan oleh Joe Aditya Wijaya Kurniawan, Kategori umum di atas 40 tahun Kardiman, kategori umum open putri oleh Hanna Christina Purnaninda dan kategoti TNI/Polri dimenangkan oleh Aloysius Reckyardo Mardian.

(ks/lid/war/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia