Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Pemkab Wajibkan ASN Pati Pakai Batik Bakaran sebagai Pakaian Adat

02 November 2019, 15: 22: 15 WIB | editor : Ali Mustofa

NGURI-URI BUDAYA: Bupati Pati Haryanto beserta ASN di Pemkab Pati apel dengan mengenakan pakaian adat kemarin.

NGURI-URI BUDAYA: Bupati Pati Haryanto beserta ASN di Pemkab Pati apel dengan mengenakan pakaian adat kemarin. (DOK HUMAS PEMKAB PATI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus – Aturan pemakaian baju adat Pati seluruh ASN di lingkup instansi Pemkab Pati sudah berjalan kemarin. Meski masih banyak yang belum lengkap karena aturan baru berjalan, Bupati Pati Haryanto meminta semua ASN untuk melengkapi dan menggunakan batik Bakaran untuk pakaian adat Pati ini.

Haryanto menyampaikan, pemakaian baju adat baru dilaksanakan dua kali ini. Sesuai Perbup Nomor 54 Tahun 2019 tentang Penggunaan Pakaian Adat Pati. Ia mengapresiasi jajarannya yang sudah tertib mematuhi peraturan tersebut. Pakaian adat tersebut, digunakan ASN sekali dalam sebulan, yakni setiap Jumat pekan pertama tiap bulan dan Hari Jadi Pati.

Menurutnya, pemilihan hari Jumat karena harinya lebih pendek dan biasanya tak banyak aktivitas. Meskipun ada aktivitas di lingkungan Pati atau di luar daerah harus tetap mengenakan baju adat ini. Hal ini dipandang sangat bagus. Karena bisa nguri-uri budaya Pati dan dapat mengenalkan pakaian adat Pati ke luar daerah.

”Paling penting bisa mendorong produktivitas para perajin batik. Karena bisa meningkatkan penjualan batik khas Pati. Warga luar daerah yang belum mengetahui bisa tahu dan membeli untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Pati,” jelasnya saat membuka apel pagi kemarin.

Dia sangat mengapresiasi ASN yang sudah maksimal mengenakan pakaian adat sesuai aturan. Karena aturan baru, jadi masih ada ASN yang perlengkapan atribut pakaian adat Pati yang belum lengkap. Ada juga yang masih mengenakan batik bukan khas Pati.

”Mumpung ini tanggal muda. Habis gajian. Supaya beli jarik atau sarung khas Pati. Bisa digunakan terus dan bisa membantu perajin batik di Pati,” perintahnya. 

(ks/put/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia