Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Gondol Buku Tabungan, Nurkholis Bobol Rekening Tetangga Sendiri

31 Oktober 2019, 12: 40: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

CURI DUIT TETANGGA: Nurkholis berhasil ditangkap polisi usai membobol dana dalam tabungan milik tetangganya sendiri. Dengan cara mencuri buku tabungan korban.

CURI DUIT TETANGGA: Nurkholis berhasil ditangkap polisi usai membobol dana dalam tabungan milik tetangganya sendiri. Dengan cara mencuri buku tabungan korban. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

CEPU, Radar Kudus – Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cepu unit Kedungtuban kebobolan dana dalam tabungannya. Pelaku mencuri buku tabungan milik korban. Kemudian mencairkan dana di dalam tabungan itu. Total ada Rp 4.010.000 dana yang dicairkan pelaku.

Saat ini, kasus tersebut ditangani oleh Polsek Kedungtuban. Akhirnya, polisi berhasil meringkus pelaku. Masih diamankan untuk dilakukan proses lebih lanjut. Kapolsek Kedungtuban Iptu Suharto menjelaskan, tersangka bernama Nurkholis. Warga  RT 03/RW 03, Desa Kedungtuban. Sementara korban bernama Indrati. Korban merupakan tetangga tersangka.

Kapolsek mengungkapkan, pencurian buku tabungan korban terjadi pada Selasa (22/10) sekitar pukul 15.45. Saat itu, pelaku ngopi di warung korban. Saat itu banyak pembeli. Korban tak sadar buku tabungan diambil pelaku. Buku tabungannya itu di simpan di dalam tas kain. Lalu meletakkan di atas tempat tidur. Korban sadar buku tabungannya hilang saat hendak mengambil uang.

Setelah di cek di bank, ternyata saldo di dalam tabungannya telah dikuras oleh pelaku. Hilang sebesar Rp 4.010.000. Selanjutnya, Jumat (25/10), korban melaporkannya kepada polisi. Berbekal laporan itu, Unit Reskrim Polsek Kedungtuban langsung bertindak. Keterangan saksi dikumpulkan. Polisi juga olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

”Hasil penyelidikan, tersangka mencairkan uang yang ada di rekening korban di Teller. Tanpa sepengetahuan pemilik rekening. Setelahnya di telusuri, Senin (28/10) tersangka berhasil diatangkap di rumahnya tanpa perlawanan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp 4.010.000 yang masih utuh. Sementara, buku tabungan milik korban telah dibakar oleh pelaku untuk menghilangkan barang bukti.

Dari hasil perbuatannya tersebut, pelaku dijerat dengan pasal 362 tentang pencurian. Ancaman hukumannya lima tahun penjara. Pihaknya juga berencana memanggil saksi dari BRI Cabang Cepu Unit Kedungtuban dalam kasus tersbut. Hal ini untuk penyidikan lebih lanjut.

Arid Rudiyantoro, kuasa hukum tersangka mengaku, pihaknya akan mengikuti proses hukum yang berjalan. Dari pihak pelaku sudah di BAP dan ditahan. Ini masih ada pemeriksaan tambahan. ”Tersangka juga sudah mengembalikan uang kepada korban. Sudah ada kesepakatan damai pada 22 Oktober 2019. Tapi pada 28 Oktober 2019 pelaku ditangkap aparat kepolisian,” terangnya. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia