alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Pena Muda
icon featured
Pena Muda
Rasyif Aulia M, Siswa Peraih Emas di Hongkong

Berhasil Raih Skor di Atas Rata-Rata

26 Oktober 2019, 14: 31: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

KIBARKAN MERAH-PUTIH: Rasyif Aulia Mahmud, siswa MTsN 1 Kudus (berpeci) saat naik podium Hong Kong International Mathematical Olympiade baru-baru ini.

KIBARKAN MERAH-PUTIH: Rasyif Aulia Mahmud, siswa MTsN 1 Kudus (berpeci) saat naik podium Hong Kong International Mathematical Olympiade baru-baru ini. (Dok pribadi)

Share this      

RASYIF Aulia Mahmud siswa MTsN 1 Kudus berhasil memboyong medali emas dalam lomba tingkat internasional pada Minggu (1/9) lalu. Perlombaan ini di selenggarakan Hong Kong Internasional Mathematical Olympiade (Hikimo) di City University of Hong Kong.

Rasyif yang juga santri dari salah satu pesantren di Kudus itu berhasil meraih gold secondary 2. Prestasi saat ini tak lepas dari pengalaman dan perjuangannya dalam mengikuti berbagai lomba. Kepala sekolah MtsN 1 Kudus Taufiq Hidayat mengatakan, Rasyif sudah sepuluh kali menjuarai lomba matematika di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Setelah ini Rasyif akan berlaga lagi pada 15-21 September 2019 tingkat nasional. Dia mewakili Jawa Tengah dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kementerian Agama RI. "Alhamdulillah, saya bersyukur atas prestasi Rasyif. Karena, prestasi ini kali pertama mengikuti lomba di kejuruan tingkat internasional," ujar Taufiq.

Berdasarkan perolehan nilai matematika, Rasyif termasuk peserta yang mampu meraih skor di atas angka 120. Menurut aturan lomba, peserta yang berhasil melampaui skor 120 itulah yang mendapatkan award sebagai Gold Secondary 2. Ada tiga anak yang mampu meraih skor diatas 120 dan berasal dari Indonesia.

Selain itu, ada 30 negara yang juga ikut dalam final HKIMO. Khusus delegasi dari Indonesia berjumlah 150 peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. (uswatun/ufi/ma'ruf/fina)

Rubrik ini adalah karya jurnalistik para penerima Beasiswa Anak Asuh - Sumbangsih Sosial Djarum Foundation. Diterbitkan atas kerja sama Radar Kudus, Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (FLKSA) Kabupaten Kudus dan Djarum Foundation. Para penerima beasiswa adalah anak asuh panti asuhan di Kudus yang mendapatkan beasiswa pendidikan penuh di SMK Binaan Djarum Foundation.

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia