Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Industri Mebel Sumbang 34,87 Persen PDRB Kabupaten Jepara

26 Oktober 2019, 13: 02: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

TUMPUAN: Sektor mebel menjadi tumpuan PDRB Jepara dengan sumbangan 34,87 persen. Meski setiap tahun terkendala permintaan pasar yang melemah.

TUMPUAN: Sektor mebel menjadi tumpuan PDRB Jepara dengan sumbangan 34,87 persen. Meski setiap tahun terkendala permintaan pasar yang melemah. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus - Kerajinan mebel dan ukiran Jepara menyumbang 34,87 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Jepara tahun kemarin. Dalam hal ini furnitur dari kayu, kerajinan kayu, dan kerajinan tangan (handicraft), serta kayu olahan, merupakan kontributor terbesar PDRB untuk sektor industri pengolahan. Nilai ekspornya mencapai USD 190 juta tahun kemarin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara Ratib Zaini mengatakan, tahun ini kontribusi di sektor yang sama diperkirakan masih mendominasi. Hanya saja pihaknya belum bisa menghitungnya secara rinci. Pasalnya laporan eksportir belum sampai tutup buku di akhir tahun untuk menghitung PDRB.

Sebagai pembanding, mebel furnitur masih merajai  hingga semester pertama tahun ini. Total nilai ekspor di Kabupaten Jepara selama semester pertama mencapai USD 187,84 juta. Capain ini diprediksi bisa melebihi tahun lalu.

“Selain menonjol, kerajinan mebel dan ukiran telah menjadi trademark, nafas kehidupan, dan urat nadi perekonomian masyarakat Jepara,” ujarnya.

Namun diakui, persaingan dengan negara lain sangat ketat. Di tengah persaingan itu juga mengalami kendala melemahnya pasar. Dengan berbagai pameran yang diikuti dan digelar secara mandiri, pihaknya berharap bisa memasilitasi pelaku usaha membuka jaringan lebih luas. “Bagaimana pun mebel sudah menjadi andalan dan tulang punggung masyarakat Jepara,” imbuhnya.

Setelah sektor industri mebel, penyumbang terbesar PDRB Kabupaten Jepara yakni sektor perdagangan besar dan eceran. Sektor ini memberi kontribusi sebesar 16,68 persen. Kemudian sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan kontribusi sebesar 13,63 persen terhadap PDRB Kabupaten Jepara. 

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia