Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Features
Dwi Roby Saputra, Peraih Juara I GSI

Sempat Dilarang Ortu, Kini Raih Beasiswa dari Sepak Bola

23 Oktober 2019, 11: 55: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

PRESTASI NASIONAL: Dwi Roby Saputra memperlihatkan piagam dan medali Juara I Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2019.

PRESTASI NASIONAL: Dwi Roby Saputra memperlihatkan piagam dan medali Juara I Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2019. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

Orang tuanya sempat tak setuju. Kala Dwi Roby Saputra bercita-cita jadi pemain bola. Dia tak patah semangat. Hingga masuk ke tim Jawa Tengah (Jateng). Untuk berlaga di Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional. Tim yang diperkuatnya juara I. Roby pun mendapat beasiswa.

SIROJUL MUNIR, Radar Kudus, Grobogan.

INSPIRASI jadi pemain bola itu datang dari sang kakak. Yang juga pemain sepak bola. Sejak kecil, Roby pun ingin seperti sang kakak. Cita-citanya menjadi pemain sepak bola. Mendengar cita-cita itu, orang tuanya tak setuju.

Tapi, Roby tetap ingin mewujudkan cita-citanya itu. Dia ikut Sekolah Sepak Bola (SSB). Juga ikut tim sepak bola Ganesha. Sejak kelas IV sampai VI SD. Berlanjut ke SMP, dia kembali ikut SSB Rantai Baja.

”Saya tertarik jadi pemain sepak bola karena kakak saya pemain sepak bola. Saya ingin membuktikan dengan sepak bola bisa membanggakan orang tua,” aku dia.

Saat SMP itu juga, Roby ikut memperkuat sekolahnya. Bersama tim SMPN 3 Purwodadi, dia berhasil meraih juara I. Itu diraih pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Grobogan. Dua tahun berturut-turut. Pada 2017 dan 2018. Sehingga, dia dan timnya maju ke tingkat Jateng mewakili Grobogan. Namun, gagal di babak delapan besar.

”Tetapi beberapa hari berikutnya saya mendapatkan kabar bahwa dipanggil bergabung dengan tim SMP provinsi Jateng,” kata warga Dusun Sendangsari, Desa Tanbirejo, Kecamatan Toroh ini.

Fans dari Christiano Ronaldo ini pun kembali bersemangat. Dia mengikuti Training Center (TC) di Kudus selama satu pekan. Kemudian ikut TC lagi di Semarang. Baru kemudian bergabung dengan tim SMP Jateng untuk Gala Siswa. Posisinya sebagai gelandang.

Roby jadi satu-satunya wakil dari Grobogan yang masuk dalam tim Jateng. Selain dia, ada 11 pemain wakil dari Kudus. Kemudian Kota Semarang empat siswa dan Kabupaten Semarang dua pemain.

Perjuangan tim Jateng bermula saat melawan Sumatera Barat. Hanya berhasil meraih satu poin. Dengan skor 1-1. Kemudian Roby dkk menang besar saat melawan Gorontalo. Dengan skor telak 7-0. Hujan gol itu juga terulang saat melawan Kalimantan Tengah. Juga dengan skor 7-0.

Kemenangan kembali diraih tim Jateng. Dengan skor 2-0 saat melawan Kalimantan Timur. Kemudian kala bersua dengan DKI Jakarta menang tipis 1-0. Di babak semifinal, tim Jateng menang tipis 1-0 atas Jawa Barat. Sehingga berhak maju ke final melawan Bali. Di laga final, Jateng berhasil jadi juara usai mengalahkan Bali dengan skor 1-0. Jateng pun keluar sebagai juara I Gala Siswa SMP tingkat Nasional.

Atas raihan itu, Roby membuktikan bisa mengukir prestasi lewat sepak bola. Dia mendapat hadiah uang Rp 5 juta. Uang itu akan ditabung untuk biaya pendidikan. Selain itu, Roby juga mendapat hadiah tour ke Jepang dan beasiswa selama pertandingan. (*)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia