Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Sempit, Situs Purbakala Patiayam Bakal Diperluas

19 Oktober 2019, 09: 05: 38 WIB | editor : Ali Mustofa

SEGERA DIBANGUN: Gubernur akhirnya menyetujui pembangunan Museum Patiayam Jekulo Kudus untuk pengembangan destinasi wisata edukasi dan sejarah.

SEGERA DIBANGUN: Gubernur akhirnya menyetujui pembangunan Museum Patiayam Jekulo Kudus untuk pengembangan destinasi wisata edukasi dan sejarah. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

JEKULO, Radar Kudus – Banyaknya temuan membuat Situs Purbakala Patiayam sempit. Untuk itu Pemkab Kudus akan memperluas bangunan itu. Pemkab pun telah membuat master plan untuk melancarkan revitalisasi ini.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus, tempat penyimpanan fragmen di lantai dua museum tampak penuh. Banyak fosil yang disimpan tidak ditempatkan pada rak. Mengingat rak untuk peletakan fosil sudah terisi penuh.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kasman Sutiyono menyatakan, pihaknya telah membuat master plan bangunan tempat display dan penyimpanan. Lokasinya sendiri berada di sebelah museum Patiayam yang lama.

”Nantinya bangunan museum yang baru dan lama akan dibangunkan jembatan penghubung,” ungkapnya.

Kasman memastikan Detail Egineering Design (DED) akan selesai pada tahun ini. Dengan didirikannya bangunan baru ini, bisa memperluas tempat display dan penyimpanan. Serta diharapkan bisa menambah kepuasan pengunjung.

Terkait anggaran dana pembangunan itu, kata Kasman, akan mengajukan alokasi dana dari Bangub sebesar Rp 4 miliar.

Pada peringatan Hari Museum Nasional koleksi Museum Patiayam turut dipamerkan di Tekno Hall. Kegiatan yang diselenggarakan di Museum Kretek ini, diikuti oleh museum se- Lingkar Pantura. Dari Demak, Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Grobogan, dan Blora. Kegiatan ini dihelat dari 12-19 Oktober. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia