Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Alasan Pemkab Berencana Beli Omah Kembar Nitisemito

15 Oktober 2019, 14: 35: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP DIPINANG: Omah Kembar Nitesemito bagian barat Sungai Gelis diminati oleh Pemkab Kudus. Jika terbeli akan difungsikan sebagai museum.

SIAP DIPINANG: Omah Kembar Nitesemito bagian barat Sungai Gelis diminati oleh Pemkab Kudus. Jika terbeli akan difungsikan sebagai museum. (GALIH ERLAMBANG W/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Pemkab Kudus berniat meminang Omah Kembar Nitisemito yang terletak di sisi barat Sungai Gelis Kudus. Keberadaan bangunan tersebut begitu penting untuk diperjuangkan. Lantaran aset milik pribadi itu bagian dari peradaban Kota Kretek tempo dulu.

Sekda Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengatakan, pembelian rumah kembar tersebut dirasa sangat penting. Pasalnya rumah tersebut sebagai bentuk peninggalan sejara Kota Kudus. Selain itu bangunan tersebut sebagai bangunan cagar budaya.

Sam’ani menambahkan, nantinya terkait pembelian tersebut akan dirapatkan lebih lanjut dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama anggota DPRD.

“Itu merupakan ide saya, nanti akan kami rapatkan lebih lanjut. Serta melaporkan kepada Plt bupati bahwa Pemkab tengah berupaya membeli rumah itu,” jelasnya.

Bangunan yang didirikan pada 1908 ini ketika haknya jatuh pada tangan Pemkab Kudus, akan dipergunakan sebagai museum. Lebih lanjut Sam’ani menjelaskan, tempat tersebut bakal difungsikan museum Sunan Kudus dan Sunan Muria. Serta museum perkembangan cikal bakal kretek yang lahir di Kudus.

Pembelian aset pribadi itu dirasa sangat perlu oleh Sam’ani. Pasalnya bantaran Sungai Gelis tengah dilakukan perbaikan. Karena bakal difungsikan sebagai sport tourisme nantinya. Untuk itu pembelian ini nantinya, diharapkan bisa mendongkrak potensi wisata Kabupaten Kudus. Baik di sektor sport tourisme maupun wisata edukasi sejarah.

“Mohon doanya saja niat kami bisa membeli rumah tersebut, nantinya kawasan bantaran Sungai Gelis akan dipercantik. Selain bisa menikmati sport tourisme masyarakat bisa berkunjung ke museum.” harapnya.

Dari pemberitaan sebelumnya Omah Kembar Nitisemito dibanderol dengan harga sekitar Rp 33 miliar. Harga tersebut mengalami kenaikan pertahunnya. Sebelumnya rumah ini dijual dengan harga Rp 20 miliar. Sementara rumah di bagian timur Sungai Gelis keberadaannya diduga sudah laku terjual. (gal)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia