Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Diikuti 60 IKM, Pembukaan Kudus Expo 2019 Berlangsung Meriah

12 Oktober 2019, 16: 32: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

TUNJUKKAN PRODUK: Istri Plt Bupati Kudus Mawar Hartopo dua dari kiri bersama Sekda Kudus Sam’ani Intakoris (kanan) dan Forkopimda Kudus mengunjungi stan di Kudus Expo 2019 usai pembukaan tadi malam.

TUNJUKKAN PRODUK: Istri Plt Bupati Kudus Mawar Hartopo dua dari kiri bersama Sekda Kudus Sam’ani Intakoris (kanan) dan Forkopimda Kudus mengunjungi stan di Kudus Expo 2019 usai pembukaan tadi malam. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Kudus Industri, Koperasi UKM, dan Bursa Kerja Kudus Expo 2019 yang digelar Dinas Perindustrian Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) dibuka tadi malam. Even ini akan berlangsung di Alun-alun Simpang Tujuh hingga Selasa (15/10).

Saat pembukaan tadi malam, animo masyarakat memadati Alun-alun Simpang Tujuh Kudus sejak pukul 18.30. Mereka mengunjungi dan membeli makanan di stan-stan. Selain stan kuliner, dijumpai juga para pelaku UMKM menjajakan busana, barang kerajinan tangan dan produk andalan mereka lain.

Perhelatan Kudus Expo 2019 ini, juga membuka Bursa Kerja Expo 2019. Stan tersebut diharapkan bisa membantu para pencari kerja (pencaker) yang sedang mencari pekerjaan.

Untuk memeriahkan pembukaan Kudus Expo 2019, ditampilkan pula pertunjukan tari Gusjigang. Juga penampilan fashion show yang mengangkat busana tradisonal khas Kudus. Seperti batik khas Kudus dan beberapa motif bordir karya pelaku usaha Kota Kretek.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, tujuan penyelenggaraan expo ini, memberikan fasilitasi untuk meningkatkan akses pasar. Kegiatan ini akan memberikan nilai tambah dan daya saing produk untuk menguatkan jejaring pasar. ”Kegiatan ini juga bisa memberikan hiburan gratis dan berkualitas bagi masyarakat Kota Kudus," ujarnya.

Sementara untuk jumlah peserta diikuti boleh 60 IKM. Sebagian besar merupakan binaan dinas pada 2018. Kegiatan Ini juga merupakan bentuk program Pemkab kudus untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Pihaknya juga pada setiap tahunnya akan mencetak 500 wirausaha baru.

Sekda Kudus Sam'ani Intakoris yang mewakili Plt Bupati Kudus Hartopo tadi malam menyatakan, Kudus Expo 2019 ini diselenggarakan rutin. Diharapkan bisa mengangkat produk usaha para pelaku UMKM di Kudus.

Dia menyatakan, Dengan terselenggaranya Kudus Expo 2019 bisa bermanfaat bagi para pengusaha lokal. Selain produk-produk andalan pihaknya juga akan mendongkrak wisata di Kudus bisa dan memperkenalkan ke khalayak luas. ”Semoga bermanfaat bagi masyarakat Kudus dan luar Kudus. Juga diharapkan bisa mengangkat harkat martabat para pelaku UMKM," harapnya.

Pembukaan Kudus Expo 2019 ditandai dengan pemencetan sirine oleh Forkopimda Kudus. Sementara pembukaan stan pameran ditandai pemotongan bunga melati oleh Mawar Hartopo.

Mawar besama Forkopimda Kudus juga meninjau stan pameran. Mereka melihat produk-produk unggalan pelaku UMKM yang dipamerkan. Dalam kegiatan Kudus Expo 2019 ini, juga menyerahkan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Diberikan kepada tujuh orang yang oleh Sekda Kudus Sam'ani. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia