Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Pelajaran dari Wabup Safin: Idealisme, Kepercayaan, dan Perjuangan

12 Oktober 2019, 16: 27: 53 WIB | editor : Ali Mustofa

SURPRISE: Direktur Radar Kudus Baehaqi mendapat kejutan di hari ulang tahunnya saat ngopi bareng Wabup Pati Safin di roof top The Safin Hotel kemarin malam.

SURPRISE: Direktur Radar Kudus Baehaqi mendapat kejutan di hari ulang tahunnya saat ngopi bareng Wabup Pati Safin di roof top The Safin Hotel kemarin malam. (M ULIN NUHA/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus – Materi jurnalistik disampaikan Direktur Radar Kudus Baehaqi dengan tidak biasa kemarin malam. Para redaktur dan dua wartawan Radar Kudus yang bertugas di Pati diajak ngopi bareng Wakil Bupati Saiful Arifin di roof top The Safin Hotel.

Baehaqi menyebut, acara ngopi itu termasuk kegiatan jurnalistik. Sambil menyeruput kopi Pati, obrolan mengalir dari satu topik ke topik lain. Namun, semua obrolan tetap mengarah tentang ide-ide besar bagi Kabupaten Pati. Eks kota karesidenan ini, kini sedang bertumbuh maju, melalui terobosan cerdas dan kesolidan pemerintahan Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati (Wabup) Saiful Arifin.

Angin yang berhembus sepoi-sepoi dan pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Pati, makin membuat ngopi aduhai. Ditambah cemilan pisang goreng keju dan kepulan asap cerutu dari lintingan-lintingan tembakau berkualitas yang diisap wabup yang akrab disapa Safin ini.

Banyak ide-ide, kata Baehaqi yang harus ditangkap dan dipahami dari seorang Safin. Wartawan senior Jawa Pos itu, bahkan menyebut pola pikir Safin mirip BJ Habibi, presiden RI ketiga. Hal itu dilihat saat Habibi di masa itu ingin memulai industri pesawat terbang.

”Ini sama dengan pola pikir Pak Safin, yang berani mengambil langkah untuk membuat hotel sekelas The Safin Hotel ini di Pati. Padahal Pati kadang dianggap orang sebagai kota kecil. Nanti siapa yang mau mengisi hotel. Toh, sekarang dibuktikan dengan geliat ekonomi di Kabupaten Pati yang makin baik. Hotel ini menjadi penarik investasi merubah wajah Pati,” kata Baehaqi.

Mindset seperti itu yang harus dimiliki. Safin menyebutnya sebagai idealisme. Sebuah semangat kedaerahan. Kalau tidak memikirkan kemajuan Pati, dia lebih memilih tetap di Jakarta saja sebagai palagan bisnisnya.

”Melalui ngobrol seperti ini, saya rasa bisa menyambungkan pikiran-pikiran wakil bupati dengan wartawan. Agar yang diambil tidak di permukaan saja. Kalau tidak ada saling pemahaman seperti ini, yang ada nanti kontra produktif jadinya. Ini juga bagian latihan jurnalistik,” imbuhnya.

Safin yang ditemani General Manager The Safin Hotel Udi Martono tampak gembira dengan kedatangan rombongan wartawan dan redaktur Radar Kudus. Pria yang doyan ngobrol berjam-jam ini, banyak sekali mengungkap ide-ide dan juga pemikirannya tentang Kabupaten Pati.

Mulai dari soal membangun perekonomian hingga olahraga di Bumi Mina Tani. Seperti diketahui, saat ini Safin sedang menyiapkan sebuah akademi sepak bola. Akademi ini, nantinya akan menjadi tempat penggemblengan bakat sepak bola anak-anak. Nantinya juga akan menyalurkannya melalui agensi pemain profesional.

Di bidang perekonomian, ide-ide brilian Safin nyatanya juga cemerlang. Misalnya, soal penambahan fasilitas bioskop di Plaza Pragolo. Sebelumnya banyak yang mencibir. ”Padahal selain meramaikan kunjungan di Plaza Pragolo, bioskop juga memberikan sumbangsih pajak kepada daerah. Ini masih ada yang nyinyir. Katanya hanya bioskop yang ramai. Yang di bawah masih sepi. Para pedagang yang harus bisa menyambut peluang ini. Bagaimana inovasi, misalnya di warung-warung makannya,” sebut Safin.

Selain itu, ide-ide penting lain Safin adalah soal kecerdikannya menarik investasi-investasi ke Bumi Mina Tani ini. Baginya, investasi-investasi itu tak perlu yang besar-besar. Dia ingin investasi yang masuk di Pati ini sesuai kearifan lokal. Tentang pertanian, perikanan, atau peternakan.

”Tidak sulit. Tidak usah butuh banyak uang. Yang penting modalnya kepercayaan. Jika mampu membangun kepercayaan, semua jaringan akan mudah terkoneksi. Jangan lupa kita ini ya harus menjadi pengusaha pejuang, juga pejuang pengusaha,” tegasnya.

Sementara itu, sebelum acara ngopi bareng dimulai, Direktur Radar Kudus Baehaqi dibuat terharu dengan kejutan ulang tahun yang diberikan Wakil Bupati Saiful Arifin.

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia