Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Cegah Penyumbatan Sampah, DPUPR Bentuk Tim Khusus untuk Rawat Drainase

12 Oktober 2019, 12: 03: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

PROYEK: Beberapa material untuk membuat drainase masih terlihat di Jalan Menur kemarin.

PROYEK: Beberapa material untuk membuat drainase masih terlihat di Jalan Menur kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Perawatan drainase di beberapa titik di Kabupaten Kudus bakal menggunakan tim khusus. Tim itu bertugas untuk mencegah terjadinya penyumbatan sampah di hilir drainase. Utamanya saat musim penghujan.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Drainase  Harry Wibowo telah menyiapkan tim. ”Idealnya dua tim, tapi saat ini kami memiliki satu tim yang berisi lima orang,” terangnya. Tim itu bertugas untuk mengeruk sedimentasi dan mengangkat sampah atau tanah yang kerap menumpuk di hilir drainase yang terbawa dari hulu drainase.

Pembuatan serta penambahan manhole pada tiap ruas drainase turut dipertimbangkan. Harry menjelaskan manhole adalah akses untuk para petugas membersihkan saluran drainase. Jarak ideal dari manhole yang satu dan lainnya kurang lebih enam meter.

”Supaya tidak pengap ketika petugas bekerja di dalam, kami beri jarak tiga meter ke kanan dan tiga meter ke kiri,” sambungnya. Saat ini ada beberapa titik yang telah dibongkar dan dibuatkan manhole baru. Yakni di Jalan Bhakti, Jalan Sosrokartono, Jalan Anggrek, Jalan Diponegoro, dan Jalan Wahid Hasyim.

”Pemilihannya berdasarkan daerah yang sering tergenang,” ujarnya. Harry menambahkan, pihakya bakal bekerja maksimal menjelang musim hujan. Dengan tujuan mereduksi genangan yang kerap muncul di beberapa titik jalan di Kota Kretek.

Harry menambahkan, terkait pereduksian dihitung dari seberapa lama air masuk ke saluran drainase, bukan dari volume air yang menggenangi ruas jalan tersebut. ”Kalau dihitung bisa sampai 70 persen,” terangnya.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kudus tengah menggarap empat drainase baru di wilayah Kota. Itu berada di Jalan Menur, Jalan Bhakti, Jalan Pemuda, dan Jalan Gribig. (vga)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia