Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Hobi Kumpulkan Sampah, Lalu Didaur Ulang

11 Oktober 2019, 15: 11: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

Rafika Anissa Amalia

Rafika Anissa Amalia (DOK PRIBADI)

Share this      

SAMPAH plastik di mata masyarakat umum merupakan barang yang tidak ada gunanya dan tak bernilai. Namun, di tangan gadis bernama Rafika Anissa Amalia, sampah plastik bisa disulap menjadi kerajinan tangan. Bahkan, ia pede (percaya diri) mengenakan untuk penunjang style fashion-nya  yang dikenakan setiap hari.

Rafika memang mempunyai hobi mengumpulkan sampah plastik sejak 2017 silam. Dia mendapatkan sampah-sampah itu dari bekas jajan. Juga dari kegiatan sehari-hari. Hal tersebut dilakukan gadis berusia 20 tahun ini, untuk mengurangi sampah plastik yang menumpuk tiap tahunnya.

”Saya sadar Indonesia sekarang penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. Makanya harus ada perubahan, yang dimulai dari diri sendiri terlebih dulu,” tuturnya.

Gadis yang kini mengenyam pendidikan di Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), IAIN Kudus, ini berhasil menyulap sampah plastik yang dikumpulkan menjadi bahan kreasi. Mulai dari bros, gantungan kunci, tas, dan lain-lain. Semua barang tersebut ia tidak diperjualbelikan, namun untuk dikenakan secara pribadi.

Dengan kreasi tersebut, ia bisa memantik semangat masyarakat untuk mengurangi sampah melalui cara yang unik. Perempuan yang tergabung dalam komunitas Kresek ini, mengaku sering kali melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Salah satunya ikut turun saat World Cleanup Day (WCD) 2019 pada bulan lalu, untuk mendukung peraturan pemerintah dalam pengurangan penggunaan kantong kresek. Dengan begitu konsumsi plastik rumah tangga bisa terkondisikan.

”Penguraian sampah plastik butuh waktu lama. Untuk itu, saya berharap masyarakat bisa diet kantong plastik. Caranya menggunakan kantong nonplastik saat belanja. Termasuk juga mengganti sedotan dari plastik dengan bahan stainless,” harapnya. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia