Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Nakhodai DPRD Jepara, Imam Ajak Tingkatkan Kemitraan Stakeholder

09 Oktober 2019, 13: 49: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

KERJA SAMA: Imam (paling kiri) dan pimpinan DPRD Jepara 2019-2024 salam komando bersama Sekda Jepara Edy Sujatmiko di Graha Paripurna DPRD Jepara kemarin.

KERJA SAMA: Imam (paling kiri) dan pimpinan DPRD Jepara 2019-2024 salam komando bersama Sekda Jepara Edy Sujatmiko di Graha Paripurna DPRD Jepara kemarin. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus - Ketua Pengadilan Negeri Jepara, Buyung Dwikora, Selasa (8/10), mengambil sumpah/janji empat pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara. Pengambilan sumpah/janji dilakukan dalam rapat paripurna yang berlangsung di Graha Paripurna DPRD Jepara. Empat pimpinan definitif di Tamansari, demikian sebutan gedung DPRD, terdiri dari Ketua Imam Zusdi Ghozali (PPP) dan tiga wakil ketua.

Wakil ketua tersebut di antaranya Junarso (PDIP), Pratikno (Nasdem), dan KH. Nuruddin Amin (PKB). Keempatnya akan memimpin DPRD Kabupaten Jepara hingga berakhirnya masa jabatan tahun 2024. Sebelum sumpah/janji ini, DPRD dipimpin Ketua Sementara Muhammad Ibnu Hajar dan Wakil ketua Sementara Junarso.

Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Jepara.

Prosesi pengambilan sumpah/janji diawali pembacaan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/113 tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Jepara Masa Jabatan 2019 – 2024, oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Jepara Trisno Santoso. Pembacaan dilakukan saat rapat paripurna dipimpin Ketua Sementara Muhammad Ibnu Hajar dan Wakil Ketua Sementara Junarso.

Sesudahnya, keempat pimpinan definitif menempatkan diri di antara kursi pimpinan dan peserta rapat untuk diambil sumpah. Setelah pengucapan sumpah, keputusan gubernur diserahkan Sekda kepada pimpinan definitif. Juga dilakukan penyerahan palu sidang dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. Dengan prosesi itu, pimpinan definitif resmi memegang kendali pimpinan dewan dan menempati kursi pimpinan rapat.

Ketua DPRD Kabupaten Jepara Imam Zusdi Ghozali mengajak pemerintah kabupaten dan rekannya di DPRD untuk meningkatkan kemitraan dengan Polres dan Kodim. Dia meminta dukungan untuk membantu pemenuhan sarana di kedua instansi ini. “Ke depan sinergi eksekutif legislatif dan yudikatif harus semakin baik untuk memberi pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Sekda Edy Sujatmiko berharap pimpinan dewan dapat mengemban amanat rakyat dengan lebih baik. Dia meminta peningkatan kerja sama di masa mendatang.

“DPRD sebagai lembaga pemerintahan daerah memiliki posisi setara dan berkedudukan sebagai mitra pemerintah kabupaten. Mari lanjutkan hubungan harmonis agar peningkatan kesejahteraan masrakat dapat tercapai,” kata Edy.

Edy juga mengingatkan agar kedua institusi ini jangan berhadapan. Melainkan menempatkan diri dalam wadah yang sama untuk menjawab mandat masyarakat.

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia