Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Hari Ini Tenggat Proses Salur Dana Desa Tahap II

09 Oktober 2019, 13: 23: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

Hari Ini Tenggat Proses Salur Dana Desa Tahap II

KOTA, Radar Kudus – Progres penyaluran dana desa tahap II hingga kemarin sudah mencapai 91 persen. Dari 184 desa, 168 desa di antaranya sudah melaksanakan proses salur ke rekening desa masing-masing. Sementara sisanya ditenggat hari ini untuk percepatan proses salur.

Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Jepara Ferry Yudha Adi Darma menjelaskan, sangat diperlukan percepatan desa yang belum melaksanakan proses salur. Karena sudah memasuki akhir tahun. Sehingga dana desa tahap II bisa segera digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Pihaknya berharap, desa memiliki komitmen untuk tertib secara administrasi dalam pencairan dana desa. Sehingga tidak mengganggu pelayanan di tingkat masyarakat. Semakin tertib administrasi, pelayanan juga semakin baik.

”Begitu pula sebaliknya. Semua tinggal kembali ke komitmen desa. Kalau mau membangun desanya ya administrasi juga harus tertib,” paparnya.

Menurutnya, ketepatan waktu dalam proses pencairan di Kota Ukir masih perlu didorong. Jika ada konsekuensi yang diterima desa harapannya lebih tertib. Kami terus mendorong melalui pertemuan-pertemuan yang kami fasilitasi. Sekali lagi, tinggal bagaimana desa bisa mengelola administrasi terkait dana desa ini,” tandasnya.

Pekan lalu, Tim Satgas Dana Desa dan Program Inovasi Desa Kemendes datang ke Jepara. Tujuannya untuk memantau penggunaan desa dan penerapan program inovasi desa. Dua desa yang dikunjungi, Desa Mulyoharjo untuk monitoring dan evaluasi dana desa. Satu lagi, Desa Platar Tahunan untuk program inovasi desa.

”Dari hasil kunjugan itu, ditekankan peneraparan komitmen masing-masing desa adanya program inovasi desa. Program itu bisa dimasukkan anggaran 2020,” ujarnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia