Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Penyebab Pemkab Kerap Gagal saat Mengikuti Lomba UKS

09 Oktober 2019, 11: 57: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

BERKOORDINASI: Puluhan tim pembina UKS kecamatan dan camat di Pati diberikan pengarahan tentang UKS kemarin.

BERKOORDINASI: Puluhan tim pembina UKS kecamatan dan camat di Pati diberikan pengarahan tentang UKS kemarin. (DOK HUMAS SETDA PATI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Peran tim pembina usaha kesehatan sekolah (TP UKS) di Kabupaten Pati kurang maksimal. Hal itu lantaran fasilitas kesekretariatan UKS di kecamatan tak memadahi. Untuk itu Pemkab Pati meminta semua camat untuk memberikan fasilitas kesekretariatan untuk mendukung kegiatan TP UKS di kantor kecamatan.

Sekda Pati Suharyono mengaku, belum optimalnya UKS karena tidak ada ruangan penunjang. Pihaknya telah mengumpulkan camat dan tim pembina UKS semua kecamatan di Pati untuk memaksimalkan koordinasi antara tim UKS dan kecamatan.

Sejauh ini, lanjutnya, Pemkab Pati kerap gagal saat mengikuti lomba UKS karena kurangnya dukungan dan koordinasi. Untuk itu Suharyono meminta camat untuk memfasilitasi tempat kesekretariatan tim UKS di kecamatan. Apabila tidak ada tempat di kecamatan dapat dilokasikan di bekas UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kecamatan.

“Kalau kurangnya fasilitas kan kasihan sekolah yang sudah semangat mengikuti lomba namun gagal karena tidak mempunyai sekretariat. Kami juga meminta pembinaan tim UKS di kabupaten, kecamatan, hingga sekolah bisa terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati Heri Supriyono menambahkan, koordinasi antara camat dan tim pembina UKS di semua kecamatan dan kabupaten untuk meningkatkan peran baik UKS atau madrasah. Selain itu meningkatkan pengelolaan sekretarian UKS/M kecamatan dan kabupaten berjalan optimal.

“Kami berharap pembinaan ini dapat memberikan hasil maksimal mewujudkan peserta didik yang baik dan prestasi belajar peserta didik di lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Lomba UKS yang diikuti sekolah juga dapat berprestasi,” katanya.

(ks/sub/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia