Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Kota Garam Bakal Punya Duta Batik

09 Oktober 2019, 10: 58: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

KONSISTEN: Sejumlah pembatik di Lasem dengan konsisten menuangkan karya mereka. Agar pembatik khas lasem semakin dikenal, Kota Garam bakal memilih duta batik yang bertugas mengenalkan batik.

KONSISTEN: Sejumlah pembatik di Lasem dengan konsisten menuangkan karya mereka. Agar pembatik khas lasem semakin dikenal, Kota Garam bakal memilih duta batik yang bertugas mengenalkan batik. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus Kota Garam bakal memiliki duta batik. Kegiatan kali perdana ini akan diselenggarakan bulan ini. Pada tahun sebelumnya memang belum ada duta batik. Hingga kemarin pendaftar sudah ada 44 orang. Dari target 66 orang. Diharapkan, dengan adanya duta batik mampu melestarikan warisan nenek moyang ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang Nanang mengungkapkan, pemilihan duta batik ini dalam rangka menyambut hari batik nasional. Yang jatuh pada 2 Oktober kemarin.

Batik sendiri, kata Nanang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang diakui dunia. Dengan kegiatan duta batik ini diharapkan dapat mewariskan budaya ini. Tidak hanya memaknai tetapi juga mengerti.”Sejarah, filosofinya, serta dapat membatik maupun mendesainnya,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan direncanakan pada 21 Oktober nanti. Dengan acara technical meeting, pemotretan, dan pembekalan. Kemudian esok harinya diadakan pembekalan ke-2 dan tes tertulis. Yang akan dilaksanakan di Museum RA Kartini Rembang.

Tak hanya di dalam ruangan, para peserta nantinya juga akan melakukan kunjungan ke industri batik. Sekaligus pengumuman 20 besar. Dengan komposisi 10 peserta putra dan 10 peserta putri. Pada 23 Oktober.

”Wawancara dan uji bakat tanggal 24, kemudian 25 geladi bersih, dan 26 grand final,” imbuhnya.  Pihaknya juga sudah mempersiapkan juri untuk menilai ajang ini dengan beberapa kriteria penilaian. (vah)

(ks/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia