Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

“Ikan” Terbang Hiasi Langit Pantai Seribu Ranting

08 Oktober 2019, 15: 45: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

RAKSASA: Layang-layang berbentuk ikan sedang disiapkan untuk diterbangkan di Pantai Seribu Ranting Desa Panggung, Kecamatan Kedung Minggu (7/10).

RAKSASA: Layang-layang berbentuk ikan sedang disiapkan untuk diterbangkan di Pantai Seribu Ranting Desa Panggung, Kecamatan Kedung Minggu (7/10). (BUDI UTOMO FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KEDUNG, Radar KudusBerbagai bentuk kreasi layang-layang menghiasi langit biru Pantai Seribu Ranting, Desa Panggung, Kedung Minggu (7/10). Berbagai bentuk layang-layang unik menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mulai dari betuk naga, wayang, ikan, dan bentuk menarik lainnya.

Layang-layang yang yang di terbangkan para peserta festival ini untuk mengenalkan destinasi wisata pantai di Desa Panggung, Kedung. Selain itu kegiatan ini juga untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI. Dalam festival layang-layang ini diikuti oleh 32 peserta dari Jepara maupun luar daerah.

Salah satu peserta terjauh yaitu Agus dari Tuban, Jawa Timur. Dirinya membawa kreasi layang-layang berbentuk naga dengan panjang 90 meter dan berat saat terbang 50 kilogram. Menurutnya menerbangkan layang-layang naga miliknya ini tidak begitu mudah. Karena angin yang bertiup di tepi Pantai Seribu Ranting ini selalu berubah-ubah. Sehingga layang-layang susah naiknya. Maka dari itu untuk menaikkan layang-layang itu butuh beberapa orang untuk menerbangkannya.

PEGANG TALI: Salah satu peserta memegang tali layang-layang yang sedang diterbangkan.

PEGANG TALI: Salah satu peserta memegang tali layang-layang yang sedang diterbangkan. (KANAL BUDIARTO FOR RADAR KUDUS)

Syafii selaku ketua panitia kegiatan festival layang-layang mengungkapkan, agenda tersebut merupakan yang kedua kalinya. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meramaikan wisata Pantai Seribu Ranting. ”Selain itu juga untuk memopulerkan kembali permainan tradisional layang layang yang saat ini sudah hampir punah,”  ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi dan Komandan Kodim (Dandim) 0719/Jepara Letkol Arm. Suhariyanto. Dandim mengatakan, dengan adanya festival layang-layang ini masyarakat setempat dan luar daerah beramai-ramai untuk menyaksikan festival. Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat pariwisata di Jepara dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI Rakyat.

”Masyarakat dapat menjaga kebersihan pantai dengan baik dan adanya kegiatan ini semoga dapat memopulerkan wilayah Jepara,” tuturnya.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap ke depan ditambah rangkaian acara yang melibatkan anak-anak. Supaya ada ketertarikan terhadap permainan tradisional. Ia juga menjanjikan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan membangun taman di lokasi tersebut agar tidak begitu panas. Sehingga pengunjung lebih tertarik datang. ”Dampaknya perekonomian masyarakat meningkat, tugas warga adalah merawat setelah dibangun,” tandasnya.

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia