Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Duh, Setahun Dibangun, Lampu Penerangan di Nalumsari Hilang

07 Oktober 2019, 11: 06: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

HILANG: Lampu penerangan gapura perbatasan Nalumsari – Kudus hilang. Dari tiga lampu tinggal satu lampu yang tersisa.

HILANG: Lampu penerangan gapura perbatasan Nalumsari – Kudus hilang. Dari tiga lampu tinggal satu lampu yang tersisa. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

NALUMSARI – Gapura perbatasan Nalumsari – Jepara di Desa Daren, Nalumsari, menjadi ikon baru Kota Ukir. Sayangnya baru setahun dibangun, fasilitas rest area gapura hilang. Fasiltas itu adalah lampu penerang di sisi barat gapura. Dari tiga lampu yang dipasang tersisa satu lampu.

Hilangnya lampu penerangan itu disinyalir karena minimya pengawasan. Lokasi yang jauh dari pemukiman juga menjadi pemicu tangan tak bertanggung jawab merusak fasilitas umum tersebut.

Hal itu diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Jepara Ary Bachtiar. Ia menyayangkan lampu yang harusnya bisa menerangi jalan dan gapura tak berfungsi maksimal. Lampu yang hilang itu diduga dicuri orang tak bertanggung jawab. “Letaknya tepat di perbatasan Kudus. Jauh dari rumah warga. Jadi minim pengawasan,” ujarnya.

Ia berharap peran masyarakat dalam memelihara aset maupun fasilitas umum. Fasilitas yang ada dipenuhi untuk kepentingan masyarakat. Sehingga dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menjaganya. “Laporan masyarakat juga sangat kami butuhkan ketika ada fasilitas yang rusak. Sehingga bisa kami tindaklanjuti,” tuturnya.

Gapura tersebut dibangun untuk menjadi ikon di perbatasan Jepara - Kudus. Terdapat rest area berupa taman sintetis dan tempat duduk di sisi kanan gapura jika dari arah Jepara. Terdapat lampu warna-warni yang menghiasi konstruksi gapura saat malam hari.

Konstruksi gapura berbentuk setengah lingkaran. Bentuknya menunjukkan motif daun jambu yang melengkung. Pada pangkal daun terdapat  modifikasi bentuk pahat berupa konstruksi beton. Sementara potensi Jepara yang lain seperti tenun, gerabah, dan anyaman bambu menjadi tambahan di bagian rest area.

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia