alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Polres dan Dandim Monitoring Desa Jelang Pencoblosan Pilkades Serentak

07 Oktober 2019, 10: 53: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

PANTAU: Monitoring langsung ke desa dilakukan jelang Pilpet serentak 17 Oktober mendatang.

PANTAU: Monitoring langsung ke desa dilakukan jelang Pilpet serentak 17 Oktober mendatang. (Arifin For Radar Kudus)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Upaya untuk menyelenggarakan pemilihan petinggi yang lancar dan damai terus dilakukan. Salah satunya melalui monitoring langsung ke desa-desa.

Baru-baru ini Kapolres, Dandim, beserta Muspika melakukan monitoring pilpet atau Pilkades serentak di Desa Gemulung, Kecamatan Pecangaan. Berlokasi di Pendapa Balai Desa Gemlung, mereka bertemu langsung dengan calon petinggi atau kepala desa, panitia, pengawas dan pemerintah desa tersebut.

Camat Pecangaan, M. Nur Sinwan mengatakan, pilpet harus diselenggarakan sebaik mungkin agar tidak terjadi ekses. ”Karena yang merasakan dampak apabila ada dampak ekses adalah masyarakat itu sendiri,” katanya.

Untuk itu, dia mengimbau agar para calon dapat berkompetisi secara sehat. ”Ukuran kesuksesan nanti bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang memilih tanpa adanya konflik,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Jepara, AKBP Arif Budiman mengatakan, pihakya hadir dengan tujuan mengingatkan kembali komitmen para panitia dan para calon petinggi yang sebelumnya telah berikrar untuk bersama-sama menjaga kondusivitas baik selama maupun setelah Pilpet berlangsung.

AKBP Arif melanjutkan, ketiga calon di Desa Gemulung harus menggunakan cara yang baik dan dengan niatan yang tulus yakni menyejahterakan dan memakmurkan masyarakat. ”Kami berpesan bagi yang terilih tidak perlu jomowo, sombong dan takabur, tetap menggandeng calon yang tidak jadi. Bagi yang gak terpilih harus tetap legowo, masih banyak cara lain, dalam mendarmabaktikan diri kepada masyarakat,” ujarnya.

Hal yang juga ditekankan AKBP Arif yakni soal fanatisme pendukung. Para calon diharapkan bisa mengkondisikan para pendukungya sebaik mungkin. ”Para calon adalah kunci sentral yang membawa ketenangan agar para relawan tensinya tidak naik. Para pendukung juga diharapkan tidak terprovokasi dan terpancing,” terangnya.

Dia juga berpesan pada para pengawas dan panitia pilpet agar dapat berpedoman pada aturan. ”Agar pilpet akan berjalan baik dan lancar,” tuturnya.

Salah satu calon petinggi, Arifn meyatakan, pihaknya senang dengan adanya kegiatan monitoring serentak tersebut. Hal itu membuktikan perhatian Forkopimda dan pemerintah daerah yang luar biasa. ”Kami sebagai calon juga berkeinginan Pilpet terlaksana dengan baik dan lancar serta benar-benar bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP