Sabtu, 14 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Politik

PKB-NU Survei Nama Bacabup-Bacawabup Grobogan dalam Pilkada 2020

28 September 2019, 15: 00: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

PKB-NU Survei Nama Bacabup-Bacawabup Grobogan dalam Pilkada 2020

GROBOGAN, Radar Kudus – DPC PKB Grobogan bersama dengan PC NU Grobogan menggelar survei untuk calon bupati dan wakil bupati Grobogan dalam Pilkada 2020 mendatang. Sedangkan PKB sendiri hingga kini masih menunggu instruksi dari DPP soal penjaringan bakal cabup dan cawabup.

Hal itu, diungkapkan Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo bersama jajarannya saat melakukan silaturahmi dengan jajaran silaturahmi pengurus PC NU Grobogan bersama badan otonomnya di kantor PC NU setempat, Jumat (27/9) kemarin.

”Kami koordinasi agar PKB dan NU bisa satu suara. Tidak seperti yang kita lalui dulu (Pilkada 2014, Red). Kita berharap hasil dari kepemimpinan bisa memberikan manfaat kepada warga NU di Kabupaten Grobogan,” kata HM Nurwibowo saat silaturrahim dengan PC NU Grobogan di Kantor PC NU setempat kemarin.

Dalam Pilkada Grobogan tahun 2020 mendatang, PKB belum menentukan koalisi dengan partai lainnya. Termasuk dengan PDI P Grobogan. Meski dalam maju Pilkada mendatang PKB harus koalisi dengan partai lainnya. Sebab di DPRD Grobogan hanya mendapatkan tujuh kursi. Sedangkan dukungan minimal harus 10 kursi atau 20 persen dari jumlah 50 anggota dewan.

”Kita belum menentukan koalisi dengan siapa. Apa maju bupati sendiri. Atau wakil bupati. Baru koordinasi. Kita serahkan kepada  PC NU untuk nama nama yang diusulkan,” ujarnya.

Dia menuturkan terkait nama-nama akan disesuaikan dengan format DPW PKB Jawa Tengah dan DPC PKB Grobogan. Dari nama itu, akan disinkronkan dengan PC NU dan DPW NU Jawa Tengah.  Dimana dalam pelaksanaan Pilkada akan berkoordinasi dengan NU.

”Untuk penjaringan belum. Karena belum ada instruksi dari DPP. Kami bersama NU akan survei kepada tokoh NU di masing-masing kecamatan. Bagaimana menyikapi situasi politik. Bermanfaat buat NU apa tidak. Kita akan maju sendiri apa koalisi,” terang dia.

Adanya  tim survei akan disampaikan kepada para tokoh NU. Harapannya dalam pelaksanaan bisa satu suara.”Survei ini juga bisa menanyakan tentang bacabup dan bacawabup yang mendaftar ke PDI P Grobogan. Apakah mereka punya andil di NU. Jika PKB membuka pendaftaran bacabup dan bacawabup maka ada  dari tujuh orang yang mendaftar juga,” tandasnya.

Ketua PC NU Grobogan Abu Manshur menambahkan, kedatangan DPC PKB Grobogan ke PC NU berkaitan dengan progres Pileg 2019 lalu. Selain itu, PKB juga ada komitmen membantu operasional PC NU Grobogan.  Kemudian berkembang dilanjutkan kaitannya dengan musyawarah kontestasi politik Pilkada.

”NU bukan partai. Kami akan dukung jika ada kader NU akan nyalon atau dicalonkan menjadi bupati dan wakil bupati Grobogan,” terang dia.

Terkait survei nama bacabup dan bacawabup Grobogan dalam Pilkada 2020, dia mengaku memang ada perintah dari DPW NU. Agar PC NU membuat tim siyasah menghadapi pilkada dan muktamar.

”Mestinya akan mengundang kami terkait jalannya tim NU. Termasuk dengan jalan calon bupati dan calon wakil bupati. Mungkin arahnya seperti itu,” pungkasnya.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia