Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Masan Jadi Calon Pimpinan Definitif DPRD Kudus

13 September 2019, 15: 34: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

MEMIMPIN DPRD KUDUS: Masan definitif menjadi pimpinan DPRD memberikan keterangan kepada awak media usai memimpin sidang paripurna perdana DPRD Kudus.

MEMIMPIN DPRD KUDUS: Masan definitif menjadi pimpinan DPRD memberikan keterangan kepada awak media usai memimpin sidang paripurna perdana DPRD Kudus. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Kudus kemarin, digelar dalam dua agenda rapat. Agenda pertama pengumuman pembentukan fraksi. Agenda selanjutnya menetapkan calon pimpinan definitif DPRD Kabupaten Kudus periode 2019- 2024 yakni Masan.

Rapat Paripurna ini dilangsungkan pada pukul 13.00. Agenda rapat  penetapan pimpinan calon pimpinan DPRD Kabupaten Kudus dipimpin langsung oleh ketua DPRD sementara Masan. Masan membacakan usulan calon pimpinan definitif dari empat partai peraih suara terbanyak. Yang sesuai dengan surat keputusan masing-masing DPP partai.

Adapun nama calon pimpinan definitif DPRD Kudus disebutkan, Ketua DPRD Kudus dijabat oleh Masan dari partai PDI Perjuangan sebagai peraih suara terbanyak. Kemudian Ilwani dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai wakil ketua. Tri Erna Sulistyawati dari partai Golongan Karya (Golkar) sebagai wakil ketua. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerinda) menugaskan Sulistyo Utomo sebagai wakil ketua.

Pembentukan Tujuh fraksi juga diumumkan kemarin. Ketujuh fraksi tersebut adalah fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diketuai oleh Ali Ihsan. Selanjutnya fraksi Keadilan Sejahtera (PKS) dipimpin Rony Agus Santosa. Fraksi Gerindra diketuai Sutriman. Di dalam fraksi Gerindra bergabung dua anggota fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) dipimpin oleh Muhtamat. Fraksi Amanat Nasional Hanura Demokrat (FANHD) ketuanya Sutriyono. Fraksi Golongan Karya (Golkar) diketuai Ali Muklisin. Sementara fraksi PDI Perjuangan dikomandoi oleh Achmad Yusuf Roni.

Ketua DPRD Sementara Masan mengungkapkan, setelah agenda rapat paripurna tersebut sekertariat akan mengirimkan susunan pimpinan definitif tersebut melalui Bupati Kudus. Kemudian akan diteruskan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

”Setelah surat keputusan gubernur turun akan dilakukan pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Kudus,” ungkapnya.

Dengan ditetapkannya calon definitif dan pengumuman pembentukan fraksi Masan berharap bisa menjalankan tiga fungsi legislatif. Yakni legislasi, pengawasan, dan penganggaran. Dengan memengang erat tiga kunci itu Masan yakin para anggota dewa bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membangun Kudus lebih baik.

Terkait pekerjaan rumah yang menanti yaitu pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Masan akan tancap gas setelah dirinya resmi dilantik menjadi pimpinan definitif. Dia menjelakan mekanismenya, setiap masing- masing fraksi akan mengirimkan anggotanya ke komisi yang ada di DPRD Kudus. Setelah nama yang diusulkan itu muncul, akan dipilih oleh para anggota dewan. Lalu diusulkan menjadi pimpinan komisi. ”Hari ini (Kemarin, Red) paripurna, setelah dilantik baru gas pol membentuk AKD, ” jelasnya. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia