Rabu, 16 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

PKM UMK Kudus Implementasikan E-Learning di Sekolah

11 September 2019, 14: 44: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

FOTO BERSAMA: Para tim pengabdi PKM progdi SI UMK usai menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pengelolaan aplikasi e-Learning berbasis Cloud Computing baru-baru ini.

FOTO BERSAMA: Para tim pengabdi PKM progdi SI UMK usai menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pengelolaan aplikasi e-Learning berbasis Cloud Computing baru-baru ini. (UMK FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BAE, Radar Kudus – Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus (UMK) berkomitmen untuk mengembangkan bidang teknologi informasi di dunia pendidikan. Salah satu bentuk komitmen dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang berkerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Ketua Program PKM Diana Laily Fithri sekaligus dosen Progdi Sistem Informasi UMK mengatakan, program ini diberi judul Implementasi e-learning berbasis Saas Cloud Computing di sekolah yayasan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Kabupaten Kudus.

”Kami dampingi para pengelola e-learning di sekolah untuk dapat menerapkan aplikasi ini di sekolah masing-masing. Kami juga mendampingi guru, dan siswa dalam memanfaatkan aplikasi e-learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran,” terangnya.

Ditambahkan, pendampingan sangat dibutuhkan sekolah-sekolah yang belum bisa menerapkan, dan menggunakan aplikasi e-learning.

Diana juga mengatakan, e-learning memberikan alternatif media pembelajaran kepada peserta didik dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekaligus memberikan kemudahan mengakses materi, serta melakukan evaluasi pembelajaran di luar sekolah.

Anggota Program PKM Fajar Nugraha, menambahkan, pelatihan pengelolaan e-learning berbasis Cloud Computing, para peserta diberikan bekal keterampilan dalam melakukan pengaturan dan pengoperasioan program tersebut.

”Termasuk pembuatan akun pengguna Cloud Computing baik guru, dan peserta didik. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim pengabdian progdi Sistem Informasi untuk dapat digunakan secara bersamaan sekolah di yayasan PGRI Kabupaten Kudus,” paparnya.

Namun pengelolaan datanya bisa dibuat secara pribadi untuk setiap sekolah. Kegiatan ini mulai dilaksanakan Rabu (24/4) lalu. Sedangkan, pelatihan pemanfaatan e-Learning  dilaksanakan secara bertahap sejak Senin (6/5), Selasa (18/6), dan Sabtu (7/9) di Laboratorium Multimedia Progdi Sistem Informasi UMK.

Peserta pelatihan terdiri dari guru dan siswa diberikan bekal untuk mengupload serta mendownload materi, memberikan tugas, membuat kuis atau test melalui media e-learning dan masih banyak lagi fasilitas e-learning yang dipelajari.

Selesai kegiatan pelatihan, dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan yang sampai sekarang. Kegiatan ini diikuti sekolah yayasan PGRI Kabupaten Kudus, yakni SMA PGRI Kaliwungu Kudus.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia