Rabu, 16 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Gegerkan Warga, Beredar Informasi Pemutihan SIM tanpa Tes

11 September 2019, 07: 33: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

HOAKS: Informasi pemutihan SIM bagi pemilik yang masa berlakunya sudah habis dipastikan tidak benar.

HOAKS: Informasi pemutihan SIM bagi pemilik yang masa berlakunya sudah habis dipastikan tidak benar. (SATLANTAS POLRES JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar KudusWarga Jepara dihebohkan dengan informasi yang beredar melalui media sosial akhir-akhir ini. Informasi itu berkaitan dengan pemutihan Surat Izin Mengemudi (SIM). Malalui sebuah gambar ilustrasi SIM, disebutkan mulai 25 Agustus lalu SIM yang sudah mati tak perlu tes lagi. Namun informasi tersebut dipastikan tidak benar.

Pada gambar yang beredar di media sosial maupaun aplikasi pesan Whatsapp tertulis ‘Pemulihan SIM yang sudah mati dan Buat SIM Baru, Berlaku Mulai Tanggal 25 Agustus 2019, Tolong Dibantu Share Ya, Agar Yang Memiliki SIM Mati bisa diperbarui Tanpa Mengulang Tes Lagi, Berlaku di Polda Seluruh Indonesia’. Deskripsi itu disertai ilustrasi SIM dengan foto dan contoh identitas pemegang SIM.

Kasatlantas Polres Jepara, AKP Panji Gedhe Prabawa mengatakan informasi yang beradar itu adalah hoaks. Faktanya pembuatan SIM baru dan SIM yang sudah mati, untuk mendapatkan SIM baru tetap harus melakukan tes terlebih dahulu. Bagi masyarakat yang masa berlaku SIMnya akan habis untuk segera melakukan perpanjangan. Adapun Smart SIM baru akan diluncurkan pada 22 September 2019.

“Sampai saat ini tidak ada pemutihan. Jadi informasi pemutihan SIM itu tidak benar,” katanya.

Ia menjelaskan pembuatan SIM baru sudah jelas  mekanismenya. Sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) No.9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Panji mengatakan pihaknya masih tetap menjalankan pembuatan SIM dan perpanjangan SIM dengan proses yang sama seperti sebelumnya.  

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia