Rabu, 16 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Revitalisasi Lanjutan Pasar Juwana Dilengkapi Genset dan Jembatan

10 September 2019, 11: 45: 55 WIB | editor : Ali Mustofa

DIKERJAKAN: Beberapa pekerja tengah mengerjakan revitalisasi Pasar Juwana kemarin.

DIKERJAKAN: Beberapa pekerja tengah mengerjakan revitalisasi Pasar Juwana kemarin. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

Share this      

JUWANA, Radar Kudus  – Revitalisasi lanjutan Pasar Juwana tahun ini dikebut. Pekerjaannya sudah mencapai 40 persen. Pembangunan rangka los pasar untuk sekitar 50 pedagang sudah berdiri. Pada revitalisasi 2019 ini, selain membangun los, juga menambah fasilitas parkir, jembatan ke lantai 2 hingga genset.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pati Riyoso melalui Kasi Pengembangan dan Pemeliharaan Widyotomo Kusdianto menuturkan, revitalisasi Pasar Juwana 2019 ini melanjutkan pekerjaan 2018 lalu. Karena ada 50 pedagang pasar yang belum terakomodir di dalam los baru yang dibangun.

Pada revitalisasi dengan anggaran APBD Pati 2019 senilai Rp 2,3 miliar itu, Pemkab membuat los depan untuk 50 pedagang dan parkir. Sedangkan di bagian tengah juga ada penambahan parkir, jembatan sepeda motor menuju lantai 2, dan genset. Pembangunan jembatan sepeda motor ke lantai 2 itu untuk memudahkan pedagang dan pembeli yang ada di lantai 2 supaya tetap ramai.

”Pekerjaan fisiknya kini sudah mencapai 40 persen. Kontruksi dan kerangka los sudah dibangun, pembangunan parkir juga sudah dimulai. Pekerjaannya mudah-mudahan rampung sebelum akhir 2019. Sehingga 2020 nanti sudah ditempati pedagang,” tuturnya.

Widyo menambahkan, saat proses revitalisasi, para pedagang direlokasi di halaman Pasar Juwana yang dekat dengan pembangunan los. Kebanyakan yang direlokasi pedagang buah. Setelah rampung dibangun, nantinya langsung pindah ke los baru yang dibagi untuk 50 pedagang. Satu lapak seluas 2x2 meter.

Selain melanjutkan revitalisasi Pasar Juwana, Pemkab Pati pada 2019 ini juga merevitalisasi Pasar Puri dan Pasar Tayu Kulon. Semuanya sudah berjalan dan akan rampung. Yang paling akhir pembangunan Pasar Juwana karena lelangnya selesai sedikit lama.

Salah satu pedagang yang terdampak, Ngatinah, 50, menuturkan senang dengan perbaikan lapak yang kini tengah dikerjakan. Meskipun lapaknya lebih sempit, paling tidak lapak baru tersebut lebih safety saat musim hujan tidak becek. ”Kami ya senang dan manut saja kalau dibangun dengan los baru,” katanya.

(ks/put/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia