Rabu, 16 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Blora

Laporan Dana Bantuan APBN Jadi Sorotan

07 September 2019, 08: 45: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

AWALI KOMITMEN: ASN di lingkungan Pemkab Blora mengikuti pengambilan sumpah di Pendapa Rumah Dinas Bupati kemarin.

AWALI KOMITMEN: ASN di lingkungan Pemkab Blora mengikuti pengambilan sumpah di Pendapa Rumah Dinas Bupati kemarin. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Sebanyak 249 pejabat dan kepala sekolah dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Blora Djoko Nugroho kemarin. Rinciannya, 92 pejabat dan 146 kepala sekolah. Dalam pelantikan itu, bupati menyoroti kinerja ASN soal laporan pertanggungjawaban (LPj) anggaran yang bersumber dari APBN.

Bupati Blora Djoko Nugroho meminta kepada OPD-OPD agar bantuan APBN yang tidak masuk kas dilaporkan dan dicatat. “Mestinya dicatat dan dilaporkan saat LPJ di dewan. APBN kan tidak masuk kas. Tapi biasanya langsung masuk rekening Kelompok Usaha Bersama (KUBE), sekolah, dan lainnya. Tolong dicek. Kita harus cawe-cawe. Ikut ngontrol. Jangan sampai ada masalah,” pintanya.

Bupati Blora Djoko Nugroho berpesan kepada kepala sekolah, agar lebih inovatif dalam mengajar. Jangan terus menggunakan pola pengajaran model lama. Selain itu perbanyak referensi dalam mengajar. ”Dengan perubahan pola mengajar, diharapkan anak didik dapat lebih cerdas tetapi tetap mengutamakan etika dan akhlak,” terangnya.

Bupati juga titip pesan supaya guru-guru punya referensi yang banyak. Bagaimana mendidik anak dengan baik dan sesuai kondisi saat ini. Jangan gunakan referensi yang itu-itu saja. ”Cara berfikirnya, jadi njenengan harus punya cara-cara yang inovatif untuk mendidik. Lebih penting murid njenengan belajar membuang sampah pada tempatnya dibanding seharian belajar matematika. Ayo bangkit,” ajaknya.

Untuk para pejabat baru, bupati minta bisa langsung tancap gas. ”Bagi pejabat lama, tolong diingatkan pejabat baru tugasnya. Pejabat yang baru masuk, tanya kepada temannya, Kadin-nya, tugasnya seperti apa,” tegasnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia