Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

SMAN 1 Jepara Konsisten Gelar Pemilihan Ketua OSIS secara Online

06 September 2019, 09: 54: 22 WIB | editor : Ali Mustofa

UNIK: SMAN 1 Jepara melaksanakan Pilketos serentak Rabu (4/9). Pemilihan itu menggunakan sistem online kemarin.

UNIK: SMAN 1 Jepara melaksanakan Pilketos serentak Rabu (4/9). Pemilihan itu menggunakan sistem online kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Tiga tahun terakhir pelaksanaan pemilihan ketua OSIS (Pilketos) di SMAN 1 Jepara berbeda. Pilketos tersebut menerapkan sistem online. Sistem ini dinilai lebih efektif, mulai dari pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan hasil pemungutan suara.

Pada Pilketos Rabu (4/9), di halaman sekolah ada satu panggung khusus. Panggung tersebut diisi oleh calon ketua dan wakil ketua OSIS yang sebelumnya telah ditetapkan. Para calon inilah yang bisa dipilih oleh para pemilih mulai siswa hingga guru/karyawan.

Di sebelah panggung, ada belasan bilik suara. Namun tak menggunakan kertas dan alat pencoblos sebagaimana umumnya, bilik-bilik tersebut berisi perangkat laptop untuk memilih secara online.

Teknis pemilihannya sendiri, para pemilih harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk memperoleh nomor registrasi. Setelahnya, para pemilih menuju bilik suara yang di dalamnya terdapat perangkat laptop untuk memilih. Pemilih tinggal memasukkan nomor registrasinya dan bisa langsung memilih. Pemungutan suara dilakukan mulai 07.30 hingga 12.00 WIB. Setelahnya akan dilihat hasilnya dan diumumkan.

Kepala SMAN 1 Jepara, Udik Agus Dwi Wahyudi mengatakan, diterapkannya sistem online pada Pilketos tahun ini karena pihaknya melihat era digital semakin berkembang. ”Ini sudah tahun ketiga kami gelar Pilketos online,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Udik melanjutkan, sistem tersebut juga dinilai lebih efektif. Dengan demikian siswa bisa belajar berdemokrasi dengan cara yang mudah yang menyenangkan.

Udik menyatakan, dia meminta kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelajar. Dia juga menekankan integritas harus dijunjung tinggi. ”Satu lagi, proses Pilketos ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai gara-gara Pilketos ini persahabatan antar siswa menjadi renggang,” terangnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia