Selasa, 15 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Jelajah Literasi Paparkan Tips dan Trik hingga Baca di Perpus Digital

04 September 2019, 09: 05: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

MEMAPARKAN: Kepala SMPN 1 Pancur Erna Nurmutis memberikan materi saat Jelajah Literasi ke-11 kemarin.

MEMAPARKAN: Kepala SMPN 1 Pancur Erna Nurmutis memberikan materi saat Jelajah Literasi ke-11 kemarin. (SMPN 1 PANCUR FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PANCUR, Radar Kudus – Jelajah literasi masih digenjot. Kemarin sudah masuk edisi ke-11. Dari 14 kecamatan. Edisi kemarin, menyambangi SMPN 1 Pancur. Para siswa pun memadati halaman tengah lapangan. Jumlahnya sampai ratusan. Ada juga beberapa perwakilan dari sekolah sekitarnya. Ada paparan tips dan trik. Hingga aplikasi digital.

Dari pagi sampai siang, peserta masih antusias. Mengikuti kegiatan yang digawangi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Rembang ini. Tampak wujud kerja sama. Antara Dinas Arpus dan Ikatan Guru Indonesia (IGI). Dalam menggerakkan budaya literasi. Menuju Rembang sebagai Kabupaten Multiliterat.

Tak melulu dengarkan paparan. Acara makin asyik dihibur band lokal. Juga paparan materi tentang Perpusseru dari Dinas Arpus. Serta tips and trick menulis artikel populer oleh IGI Rembang. Saat ini, rasanya tak lengkap jika belum menyinggung tentang milenial.  Dalam kegiatan ini, peserta juga diberikan diberikan materi Digital Library.

Sebuah aplikasi milik Dinas Arpus. iRembang namanya. Yang dapat diunduh dari android. Dari aplikasi ini, orang dapat membaca buku secara online. Sehingga diharapkan, kegiatan serupa bisa dilaksanakan pada tahun depan. Dengan lebih meriah dan lebih banyak jangkauan. Siswa atau masyarakat umum.

Kegiatan seperti ini memang ditunggu-tunggu. Khususnya masyarakat pendidikan. Dalam mengimplementasi literasi di sekolah. Hal ini disampaikan kepala  SMPN 1 Pancur Erna Nurmutia

”Sekolah sangat berterima kasih atas kepercayaan Dinas Arpus. Sebagai tuan rumah Jelajah Literasi di Kecamatan Pancur,” ujarnya.

Perempuan berjilbab itu berharap, acara ini dipertahankan dan ditingkatkan. Pada tahun-tahun mendatang. Terutama konsep acara. Agar gelegar literasi di masing-masing kecamatan dan sekolah lebih antusias.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang Agus Salim, menyampaikan, jelajah literasi merupakan upaya membudayakan literasi di Rembang. Dimulai dari geliat masing-masing Kecamatan dan Sekolah. ”Jelajah Literasi merupakan satu rangkaian kegiatan dalam Pekan Literasi Daerah,” ungkapnya.

Ada juga kegiatan penunjang lainnya. Seperti fasilitas workshop Menulis Satu Guru Satu Buku. Diperuntukkan 50 guru yang berminat mendalami dunia kepenulisan. Ada juga fasilitas pelatihan menulis artikel di media massa. Dengan target 50 guru di Rembang. (vah)

(ks/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia