Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Ratusan MTs Mu’allimat NU Latihan Kepemimpinan dan Jurnalistik

24 Agustus 2019, 14: 52: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

KEBERSAMAAN: Usai memberikan materi LDJ seluruh panitia bersama dengan narasumber foto bersama kemarin.

KEBERSAMAAN: Usai memberikan materi LDJ seluruh panitia bersama dengan narasumber foto bersama kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – Siswi MTs Mu’allimat NU Kudus berkumpul di kelas lantai II mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) sekaligus mendapatkan latihan dasar jurnalistik (LDJ) diikuti 130 siswa.

Guru Pembina LDJ Masruroh mengatakan, kegiatan LDK ini tiap tahun dilaksanakan. Kali ini diikuti perwakilan dari kelas VII hingga IX. Sekaligus memberikan gambaran tentang LDJ bagi siswa baru.

”Kalau untuk LDJ sendiri jumlah siswa yang gabung sebanyak 32 orang. Nah kami ada majalah yang terbit setahun sekali dan mading. Nantinya merekalah yang akan mengisi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk mencari bibit baru untuk membentuk tim jurnalistik maka perlu dikenalkan materi dasar jurnalistik dengan mengundang narasumber dari Jawa Pos Radar Kudus yakni Redaktur Noor Syafaatul Udhma.

”Tujuannya untuk menarik minta ekstrakulikuler jurnalistik. Tahun lalu kali pertama majalah Annasyiat sudah terbit dengan mengangkat tema pendidikan. Tahun ini sudah dibentuk tim dan tema masih sama tapi mengulas tentang metode pendidikan. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” terangnya.

Sementara itu, pemateri dari Jawa Pos Radar Kudus Mala panggilan akrab Noor Syafaatul Udhma, memaparkan materi dasar tentang unsur penulisan berita. Usai memberi materi, siswa diminta untuk mempraktikkan proses wawancara.

”Saya suruh mereka praktik supaya tahu teknis-teknis wawancara tidak hanya teori saja. Mereka saya tunjuk seolah-seolah menjadi bupati yang sedang dikerumuni wartawan untuk melontarkan beragam pertanyaan,” terangnya.

Ditambahkan, memberi tugas menuliskan isi pertanyaan atau wawancara antarteman. Menurut Mala, pengenalan jurnalistik harus bisa mempraktikkannya.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia