Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Nasib Bangunan Matahari Kembali Tunggu Kemendagri

24 Agustus 2019, 14: 37: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

MENGGANGGU KEINDAHAN KOTA: Bangunan Matahari Kudus belum tersentuh hingga kemarin, masih terlihat gosong akibat kebakaran yang melanda pada 22 Februari 2018 lalu.

MENGGANGGU KEINDAHAN KOTA: Bangunan Matahari Kudus belum tersentuh hingga kemarin, masih terlihat gosong akibat kebakaran yang melanda pada 22 Februari 2018 lalu. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Bangunan pusat perbelanjaan yang dulunya bekas Plaza Kudus atau Matahari bakal dirobohkan. Ini melihat banyaknya investor yang berniat memanfaatkan kembali tempat itu pasca kebakaran pada 22 Februari 2018 lalu. Meski demikian, ada beberapa tahapan yang harus dilalui Pemkab Kudus dan Investor. Yakni penghapusan aset.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono menyatakan, jika aset bangunan yang nilainya mencapai Rp 5 miliar atau lebih, pihak pemkab harus mendapatkan persetujuan dari DPRD Kudus terlebih dahulu sebagai langkah penghapusan aset. Dengan demikian, pihaknya belum bisa menerima investor yang ingin menempati bangunan itu.

Eko juga mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait penyusutan aset yang terbakar itu. ”Kami beranggapan bangunan tersebut nilainya sudah menyusut. Langkahnya kami berkonsultasi dengan Kemendagri tentang perlunya berkonsultasi dengan DPRD,” katanya.

Eko menambahkan, Pemkab Kudus tidak mau terbebani oleh biaya pembongkaran. Untuk itu, pihaknya menggandeng pihak ketiga. Namun sebelum dirobohkan akan dilakukan penaksiran nilai bangunan terlebih dahulu. Ia menambahkan besi bangunan masih memiliki nilai jual. Proses penaksiran itu pihaknya bekerja sama dengan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

”Ongkos bongkar bangunan mahal. Yang ada nilai (jual)-nya besi sama bagian atas,” jelasnya.

Plaza Kudus merupakan bangunan yang strategis. Letaknya berada di Jalan dr Loekmonohadi. Bangunan ini berdampingan dengan Kudus Extantion Mall (KEM) atau Hypermart. Rencananya bangunan ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum kembali. Mengingat letaknya yang strategis.

Saat ini Matahari menjual barangnya di bangunan di Hypermart. Tepatnya di lantai II. Sedangkan masih ada beberapa tanent-tanent yang memanfaatkan bangunan itu sebagai tempat berjualan di lantai dasar. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia