alexametrics
Sabtu, 15 Aug 2020
radarkudus
Home > Pena Muda
icon featured
Pena Muda
Hariyanto

Ciptakan Aplikasi Online Antar Jemput

24 Agustus 2019, 10: 56: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

Hariyanto, Siswa SMK Raden Umar Said Kudus 

Hariyanto, Siswa SMK Raden Umar Said Kudus  (dok pribadi)

Share this      

HARIYANTO, siswa SMK Raden Umar Said Kudus bersama tiga temannya berhasil menciptakan aplikasi berbasis online. Aplikasi tersebut dinamakan drive school. Fungsinya mengantar jemput siswa dari sekolah. Ketiga temannya tersebut adalah Fahra Khalisa kelas X RPL1, Ryandhika Bintang Abiyyi kelas X RPL 2, dan Fikr Lazuardi XI RPL. Keempat siswa itu jurusan rekayasa perangkat lunak SMK RUS.

Aplikasi ciptaan mereka dapat prestasi sebagai finalis di Universitas Dian Nuswantoro pada 24-25 Maret 2019. Pada akhirnya karya mereka mendapatkan juara II tingkat Internasional. “Aplikasi tersebut akan dipatenkan sebelum  dikomersilkan,” tutur Hariyanto.

Aplikasi tersebut tercipta tidak hanya berkat bantuan ketiga temannya, tetapi juga dukungan orang tua dan sekolah. Sekolah memfasiltasi pembuatan aplikasi tersebut.

Menurut penjelasan Hariyanto aplikasi tersebut dibuat karena rawannya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pelajar. (arzaq/ashila)

Rubrik ini adalah karya jurnalistik para penerima Beasiswa Anak Asuh - Sumbangsih Sosial Djarum Foundation. Diterbitkan atas kerja sama Radar Kudus, Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (FLKSA) Kabupaten Kudus dan Djarum Foundation. Para penerima beasiswa adalah anak asuh panti asuhan di Kudus yang mendapatkan beasiswa pendidikan penuh di SMK Binaan Djarum Foundation.

(ks/zen/top/JPR)

 TOP